Khawatir Seluruh Penumpang dan Kru MH370 Tewas

Khawatir Seluruh Penumpang dan Kru MH370 Tewas
Khawatir Seluruh Penumpang dan Kru MH370 Tewas

jpnn.com - PETALING JAYA - Satelit Inggris, Inmarsat telah mengonfirmasi keberadaan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang ternyata berakhir di Lautan Hindia. Pemerintah Malaysia juga telah mengumumkan secara resmi tentang akhir penerbangan pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu di tengah lautan di sebelah barat Perth, Australia.

Seiring ditemukannya pesawat itu, kekhawatiran yang muncul adalah tentang nasib 227 penumpang bersama 12 kru di dalamnya. Terlebih, pihak Malaysia Airlines sudah mengabari pihak keluarga korban tentang perkembangan terakhir pesawat yang hilang sejak 8 Maret lalu itu.

Dalam layanan pesan singkat ke para keluarga korban, maskapai berkode MAS itu menulis; “Malaysia Airlines dengan penyesalan mendalam harus mengasumsikan melampaui segala keraguan, bahwa MH370 telah hilang dan tidak ada satu pun di dalamnya yang selamat.”

Pesan singkat itu dikirim sebelum Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak menggelar jumpa pers. Meski demikian, pihak Malaysia Airlines masih menunggu seluruh bukti bahwa pesawatnya memang benar-benar jatuh di Lautan Hindia. “Sebagaimana anda akan mendengar dari Perdana Menteri Malaysia beberapa jam lagi, saat ini kami harus menerima segala bukti yang menunjukkan pesawat memang jatuh di sebelah selatan Lautan Hindia.”

Sementara itu, pihak keluarga penumpang MH370 di Beijing maupun Kuala Lumpur langsung meratap begitu mendengar kabar menyedihkan itu. Beberapa kerabat penumpang yang ada di Beijing bahkan terguncang hingga menjedotkan kepalanya. Sementara beberapa petugas medis langsung membantu beberapa kerabat penumpang yang pingsan untuk dibawa ke rumah sakit.

Di sisi lain, pemerintah Australia telah mengerahkan kapal perangnya, HMAS Succes untuk mengarah ke lokasi yang diyakini sebagi tempat jatuhnya MH370. Namun, kemungkinan lokasi itu baru bisa dijangkau dengan kapal besok (25/3).

Menurut Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein, HMAS memang berada paling dekat dengan lokasi yang terpencil di Lautan Hindia itu. “HMAS Succes ada di sekitar lokasi dan mungkin objek (dari MH370, red) baru bisa diterima dalam beberapa jam ke depan atau paling tidak besok pagi,” kata Hishammuddin dalam jumpa pers beberapa saat lalu.

Selain itu, setidaknya enam kapal Tiongkok juga mengarah ke koridor selatan Lautan Hindia yang menjadi lokasi jatuhnya MH370. Tiongkok sangat berkepentingan karena mayoritas dari 227 penumpang MH370 adalah warganya. (thestar/theage/ara/jpnn)

PETALING JAYA - Satelit Inggris, Inmarsat telah mengonfirmasi keberadaan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang ternyata berakhir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News