Khofifah Calonkan Diri, Ratusan Kiai Jatim Protes

Khofifah Calonkan Diri, Ratusan Kiai Jatim Protes
Khofifah Indar Parawansa. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Langkah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang mendaftarkan diri sebagai bacagub ke Partai Demokrat langsung mendapatkan reaksi dari para kiai.

Para kiai yang menjadi pendukung Wagub Jatim Saifullah Yusuf itu melayangkan protes pada Gubernur Jatim, Soekarwo yang juga berasal dari Demokrat.

Mereka meminta Soekarwo konsisten dengan surat komitmen bermaterai yang ditandatanganinya.

Di dalam terdapat komitmen mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai penerusnya.

Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) mengingatkan Soekarwo terkait MoU (Memorandum of Understanding) tertanggal 12 Januari 2013 di Kediri yang ditandatangi oleh Soekarwo dan Gus Ipul dengan disaksikan lima kiai yang turut tandatangan yang dibubuhi materai 6000.

Koordinator FK3JT, Fahrur Rozi, menyampaikan dirinya mengigatkan, Pakde Karwo yang memiliki MoU dengan para kiai waktu itu di Ploso pada 2013.

"Pakde Karwo sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur harus menjelaskan komitmen tersebut kepada DPP Partai Demokrat sebagai pertimbangan DPP dalam memutus siapa yang akan diusung di Pilgub Jatim mendatang. Secara moral, secara adat ketimuran Gubernur Jatim Soekarwo pernah berjanji untuk mendukung Gus Ipul menjadi gubernur dan itu harus direalisasikan," pinta pria yang akrab dipanggil Gus Fahrur ini.

Kiai dari Ponpes Cangaan Bangil ini menegaskan, dalam surat yang dibuat sebelum pencalonan KarSa (Soekarwo-Saifullah Yusuf) jilid II memuat 5 poin.

Khofifah Indar Parawansa calonkan diri di Pilgub Jatim melalui Partai Demokrat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News