Khusaini: Intinya Diupayakan Bisa Masuk PPPK atau CPNS Semua

Khusaini: Intinya Diupayakan Bisa Masuk PPPK atau CPNS Semua
Upaca yang diikuti ASN dan tenaga honorer di Kabupaten Gresik (ANTARA/HO-Pemkab Gresik)

jpnn.com, GRESIK - Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Gresik Khusaini mengatakan Pemkab Gresik mulai melakukan pendataan pegawai honorer. 

Hal ini menindaklanjuti keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang akan menghapus honorer per 28 November 2023. 

Menurut Khusaini, pendataan dengan melihat beberapa kategori pegawai yang memenuhi syarat mengikuti seleksi PPPK dan CPNS. 

"Mudah-mudahan bisa masuk semua. Nanti kami ajukan secara bertahap. Intinya diupayakan masuk PPPK atau CPNS semua," kata Khusaini di Gresik, Jumat (3/6).

Dia memastikan pihaknya mengupayakan sisa tenaga honorer itu bisa selesai pada 2023 sehingga bisa meminimalkan yang diberhentikan.

Menurutnya, jumlah tenaga honorer yang bekerja saat ini masih pendataan sehingga belum bisa memastikan jumlahnya.

Meski PP Nomor 49 Tahun 2018 telah melarang penambahan honorer, kata Khusaini, masih ada honorer baru yang masuk sehingga sangat berpengaruh pada beban APBD Gresik setiap tahunnya.

"Pada APBD 2021, misalnya, dari total belanja daerah Rp 3,4 triliun, belanja pegawai mendapat porsi hampir 50 persen, sedangkan bidang pendidikan mendapatkan anggaran Rp 881,27 miliar atau 25,67 persen," katanya.

Pemkab Gresik mulai melakukan pendataan pegawai honorer. Pendataan melihat beberapa kategori pegawai yang memenuhi syarat mengikuti seleksi PPPK atau CPNS. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News