Khusus Cewek! ini Kaitan Haid Pertama Kali dan Risikonya

Khusus Cewek! ini Kaitan Haid Pertama Kali dan Risikonya
Nyeri Haid. Ilustrasi. Foto WomCare

jpnn.com - Perempuan yang mendapatkan haid pertama pada usia 11 tahun atau sebelumnya, mempunyai risiko lebih tinggi terkena diabetes selama masa kehamilan.

Hal itu menurut sebuah penelitian di Australia baru-baru ini.

Kelebihan berat badan diketahui menjadi faktor dalam periode awal dan juga diabetes gestasional, tapi hal tersebut tidak sepenuhnya menjelaskan hubungan antara dua kondisi ini, para peneliti menulis dalam American Journal of Epidemiology.

Diabetes berkembang sebesar 9 persen pada wanita hamil di Amerika Serikat dan bisa mengakibatkan risiko kesehatan yang serius, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

"Ibu dengan diabetes gestasional lebih cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan akan mengalami persalinan prematur," kata penulis utama studi, Dr. Danielle Schoenaker, seperti dilansir laman Lifescript, Kamis (20/4).

"Ada juga konsekuensi untuk bayi yang lebih mungkin akan tumbuh lebih cepat dan lebih besar saat lahir," tambah Schoenaker.

"Ke depannya, baik ibu dan anak-anak mereka berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dikemudian hari," imbuh Schoenaker.

Untuk mengeksplorasi hubungan antara usia perempuan saat menstruasi pertama, yang dikenal sebagai menarche dan risiko terkena diabetes gestasional, tim peneliti menganalisis data dari hampir 5.000 wanita yang berpartisipasi dalam Australian Longitudinal Study on Women’s Health antara tahun 2000 dan 2012.

Perempuan yang mendapatkan haid pertama pada usia 11 tahun atau sebelumnya, mempunyai risiko lebih tinggi terkena diabetes selama masa kehamilan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News