KHUSUS DEWASA: Inilah Manfaat Berciuman untuk Kesehatan

KHUSUS DEWASA: Inilah Manfaat Berciuman untuk Kesehatan
Ilustrasi berciuman. Foto: firpost

jpnn.com - BERCIUMAN merupakan hal lazim bahkan sudah menjadi bahasan universal. Berciuman juga menjadi cara termudah seseorang mengekspresikan rasa cinta.

Tapi, manfaat berciuman ternyata tidak hanya sebagai cara mengeksprsikan cinta. Sebab, berciuman juga punya manfaat secara kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat berciuman bagi kesehatan? Berikut manfaatnya sebagaimana dilansir dari laman MSN;

1. Berciuman membuat merasa lebih baik
Mencium seseorang -terutama untuk pertama kalinya- melepaskan dopamin, suatu neurotransmitter yang memainkan peran kunci dalam keinginan dan kesenangan.

2. Berciuman dengan lidah mendogkrak libido
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007 dalam jurnal Evolutionary Psychology, pria lebih suka berciuman dengan lidah. Ketika pria memberikan French kiss, sedikit air liur mereka ditransfer ke pasangannya. Air liur ini mengandung testosteron, hormon yang dari waktu ke waktu mungkin membantu untuk meningkatkan libido wanita.

3. Berciuman menangkal penyakit
Mencium pasangan secara teratur mencium bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, sebuah studi tahun 2010 yang muncul di jurnal Medical Hypotheses menyimpulkan bahwa orang tua yang berciuman teratur selama kehamilan bisa melindungi anak mereka dari yang lahir dengan infeksi yang menyebabkan kebutaan pada bayi.

4. Berciuman mencegah gigi berlubang
Teratur mencium pasangan akan membantu untuk meningkatkan kesehatan gigi. Bahkan, ketika  mencium seseorang berarti menghasilkan lebih banyak air liur yang pada gilirannya membantu untuk menghilangkan plak penyebab gigi berlubang.

5. Mengurangi stres
Stres adalah wabah besar dari masyarakat modern kita. Tapi menurut sebuah studi di Amerika Serikat pada tahun 2009, berciuman benar-benar bisa membantu mengurangi tingkat kortisol yang merupakan hormon stres.

BERCIUMAN merupakan hal lazim bahkan sudah menjadi bahasan universal. Berciuman juga menjadi cara termudah seseorang mengekspresikan rasa cinta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News