Khusus Pria! 2 Syarat Berat Jika Ingin Poligami

Khusus Pria! 2 Syarat Berat Jika Ingin Poligami
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - BANJARMASIN – Banyak pria memilih menikah di bawah tangan alias siri karena sulit memenuhi syarat pengajuan poligami. Akibatnya, pernikahan itu tak tercatat di KUA.

Kepala Kantor Pengadilan Agama Kelas I A Banjarmasin Muhammad Alwi mengatakan, syarat paling berat jika ingin mengajukan poligami adalah meminta surat izin tertulis dari istri pertama.

Selain itu, juga harus ada jaminan penghasilan untuk istri-istrinya. "Karena itu, sejak Januari 2016 saya bertugas di sini, baru ada tiga permohonan poligami yang memenuhi syarat," ujarnya, Kamis (8/9).

Meski tidak mempunyai data pasti, dia memperkirakan pernikahan bawah tangan di Banjarmasin sangat banyak. Sebab, prosesnya yang cukup mudah tanpa melalui KUA.

"Mereka bisa saja dinikahkan oleh tokoh di kampung atau yang lainnya. Yang penting rukun dan syarat sah pernikahan terpenuhi. Secara hukum agama memang sah, hanya saja tidak tercatat secara hukum di negara kita," ujarnya.

Alwi mengimbau kepada seluruh masyarakat di Banjarmasin agar berpikir matang sebelum melakukan pernikahan bawah tangan.

"Silakan datang ke kantor saya untuk berkonsultasi. Karena banyak kerugian jika melakukan nikah bawah tangan, seperti sulitnya mengurus akta kelahiran anak dan tidak bisa mendapatkan hak waris," tambahnya. (rzy/jy/dye/jos/jpnn)


BANJARMASIN – Banyak pria memilih menikah di bawah tangan alias siri karena sulit memenuhi syarat pengajuan poligami. Akibatnya, pernikahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News