Khusus Satu Ini, Bu Rini Sejalan dengan Nawacita Jokowi

Khusus Satu Ini, Bu Rini Sejalan dengan Nawacita Jokowi
Menteri BUMN Rini Soemarno. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Komisaris PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, Dedy Mawardi memuji langkah Menteri BUMN Rini Soemarno mempertemukan sejumlah perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang pangan untuk mendongkrak industri gula nasional. Menurutnya, ada upaya konkret dari Rini agar Indonesia ke depan tak perlu impir gula lagi.

Sebelumnya, Rini mengumpulkan BUMN yang menjadi pemangku kepentingan industri gula, Senin (18/4). Pertemuan itu dihadiri unsur PTPN, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Sang Hyang Seri (Persero), Perum Bulog, Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), direksi bank BUMN, Asosiasi Gula Indonesia (AGI), Ikatan Ahli Gula, hingga serikat pekerja pabrik gula.

Menurut Dedy, pertemuan itu bertujuan mensinergikan BUMN dan lembaga pemerintah lainnya guna membangkitkan industri gula nasional ke depan. Hal itu sebagai upaya mewujudkan program Nawacita yang digulirkan Presiden Joko Widodo tentang swasembada pangan.

“Ini positif. Langkah Bu Menteri BUMN merupakan  terjemahan konkret atas program Nawacita Presiden Jokowi di industri gula nasional,” ujar Dedy melalui layanan pesan singkat, Selasa (19/4).

Ia menambahkan, langkah Rini telah memberi optimisme tentang kehadiran negara pada industri gula nasional berbasis tebu. “Hal ini akan mendapat dukungan publik, khususnya para petani tebu,” tegasnya.

Dedy menambahkan, saat ini pabrik gula BUMN masih merupakan warisan zaman penjajahan Belanda dan mesiannya pun sudah tua. Akibatnya, proses produksi pun tak optimal, terutama untuk menggenjot kualitas atau pun kuantitas.

Karenanya Dedy melihat ada sinyal positif dari langkah Rini mengumpulkan BUMN untuk bersinergi mendongrkrak industri gula nasional. Sebab, pemerintahan Presiden Jokowi sudah menargetkan agar Indonesia mampu swasembada gula pada 2019.

“Dengan langkah konkret menteri BUMN ini maka secara perlahan pemerintah tak perlu lagi membuka keran Impor gula untuk memenuhi kebutuhan gula secara nasional,” pungkasnya.(ara/JPNN)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News