Kiai Jawa Timur dan Akademisi Sebut Warga NU di Jatim Loyal-Menyukai Erick Thohir

Kiai Jawa Timur dan Akademisi Sebut Warga NU di Jatim Loyal-Menyukai Erick Thohir
Diskusi publik 'Cawapres Potensial di Jawa Timur' yang digelar di Malang Rabu, (4/10). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pekan lalu, nama Menteri BUMN Erick Thohir melejit menjadi urutan pertama sebagai cawapres pilihan warga Jawa Timur.

Erick unggul jauh dari nama-nama lama seperti Khofifah Indar Parawansa dan Muhaimin Iskandar.

Pengasuh Pesantren An-Nur 2 Malang KH Khoirudin menilai hal ini terjadi karena saat ini Erick dianggap paling memiliki kedekatan kultural dengan para kiai NU.

"Pak Erick adalah Ketua Panitia 1 Abad NU yang monumental. Dia juga rajin berkeliling pesantren dan sowan kepada para kiai. Beliau juga melakukan ziarah ke makam para pendiri NU seperti Mbah Hasyim dan Mbah Wahab. Hal ini tentu yang membuat Pak Erick dapat diterima di NU," ujar Khoirudin dalam diskusi publik 'Cawapres Potensial di Jawa Timur' yang digelar di Malang Rabu, (4/10).

Hal senada diungkapkan Pengasuh Pesantren Al-Ishlahiyah Malang KH Ahsani Fathurrahman.

Menurtunya, hasil survei Indikator menunjukkan pilihan warga NU mulai mengerucut pada nama-nama yang kuat.

"Erick Thohir merupakan kandidat yang mewakili warga NU. Dengan beliau menempati urutan pertama sebagai cawapres, maka sangat layak untuk melengkapi capres Prabowo Subianto," katanya.

"Tidak dapat kita pungkiri bahwa dengan memenangkan Jawa Timur, potensi menjadi pemenang pada Pilpres 2024 sangat besar," kata dia.

Dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pekan lalu, nama Erick Thohir melejit menjadi urutan pertama sebagai cawapres pilihan warga Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News