Kiai Ma'ruf Amin dan Bamsoet Termasuk Dalam Daftar Peraih Teropong Democracy Award 2020, Nih Datanya

Kiai Ma'ruf Amin dan Bamsoet Termasuk Dalam Daftar Peraih Teropong Democracy Award 2020, Nih Datanya
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Tangkapan Layar

jpnn.com, JAKARTA - Tantangan terbesar Indonesia sepanjang 2020 adalah mewujudkan ketahanan demokrasi. Hanya dengan upaya membangun ketahanan demokrasi, maka sistem politik demokratis baik secara prosedural maupun substantif dapat terus meningkat kualitasnya.

Pandemi Covid-19 serta sejumlah isu perundang-undangan dinilai menjadi musabab yang mempengaruhi dinamika demokrasi. Dalam kondisi yang rumit itu, teladan demokrasi amat dibutuhkan sebagai bintang penuntun untuk membawa demokrasi Indonesia ke arah yang diharapkan bersama.

Hal itu disampaikan Pemimpin Redaksi Teropong Senayan, Rihad Wiranto, dalam event nasional Teropong Democracy Award (TDA) 2020 yang diselenggarakan media Teropong Senayan secara virtual, Rabu, 28 Oktober 2020.

Dia menuturkan, selama 2020, ketahanan demokrasi di Indonesia diuji oleh sejumlah tantangan yang sempat menimbulkan gejolak.

“Ketahanan demokrasi sangat terkait dengan keberhasilan mewujudkan komitmen berdemokrasi. Maka, penyelenggara negara berikut juga masyarakat sipil perlu mengawal demokrasi. Jika tidak, maka bisa berdampak buruk terhadap ketahanan demokrasi," kata Rihad.

Meski begitu, lanjut Rihad, patut diakui selama ini ada beberapa sosok maupun golongan yang 'diam-diam' maupun terang-terangan berupaya membangun jalan demokrasi yang terarah. Hal itu semata-mata demi mewujudkan ketahanan demokrasi yang sejak 1945 menjadi dambaan sistem politik di Indonesia.

Upaya mereka dalam berkontribusi dan mempertahankan demokrasi ditunjukkan dalam kapasitasnya masing-masing baik secara eksekutif, legislatif, dan bahkan independen. Atas dasar itu, apresiasi dirasa perlu diberikan agar komitmen mempertahankan demokrasi dipandang sebagai ikhtiar yang harus terus-menerus dilakukan.

"Pada gilirannya, ketahanan demokrasi juga sangat bergantung pada sukses atau gagalnya demokrasi dalam meningkatkan kualitas kehidupan warga negara," ujar Rihad.

Sejumlah tokoh termasuk Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin dan Ketua MPR Bambang Soesatyo masuk dalam daftar peraih Teropong Democracy Award 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News