Kiai Ma'ruf Merasa Plong Usai Debat dengan Sandiaga

Kiai Ma'ruf Merasa Plong Usai Debat dengan Sandiaga
Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAWA TIMUR - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin merasa plong setelah melewati debat kandidat melawan Sandiaga Uno, Minggu (18/1) kemarin.

Kiai Ma'ruf mengatakan, dirinya sudah menyampaikan semua gagasannya secara terbuka tentang isu ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan serta sosial dan budaya kepada masyarakat

"Ya, lega lah. Kan sebelumnya debat kayaknya punya beban. Bagaimana kalau debat itu, saya bisa sampaikan visi misi dengan baik. Saya merasa habis debat, saya plong. Artinya merasa telah sampaikan semua hal yang saya ketahui untuk Undonesia maju," kata Kiai Ma'ruf di sela-sela kunjungannya ke Jawa Timur, Senin (18/3).

Sejumlah pihak banyak yang terkejut atas penampilan KH Ma'ruf yang di luar eksperasi. Abah -sapaan KH Ma'ruf- mengaku bersyukur apabila respons masyarakat positif.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul ini menganggap hasil debat itu adalah hasil dari membaca, mendengar dan berdiskusi dengan masyarakat.

"Ternyata mempunyai efek bagus ketika saya bisa menguasai, menyampaikan berbagai persoalan bangsa terutama menyangkut pendidikan, sosbud, tenaga kerja. Kalau itu diapresiasi masyarakat, saya merasa bersyukur dan senang," kata abah.

Abah juga menggunakan istilah menarik seperti ten years challenge dan infrastruktur langit. Menurut abah, istilah itu muncul tanpa sadar.

"Mungkin itu jiwa saya memberikan penguatan pematangan terhadap masalah yang dihadapi bangsa. Kemudian muncul dari istilah-istilah saat berkomunikasi dengan masyarakat banyak dan menarik sehingga bisa dicerna," kata KH Ma'ruf.

Kan sebelumnya debat kayaknya punya beban. Bagaimana kalau debat itu, saya bisa sampaikan visi misi dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News