Kiai Muda Ganjar Gelar Pelatihan Barbershop untuk Menciptakan Insan Mandiri

Kiai Muda Ganjar Gelar Pelatihan Barbershop untuk Menciptakan Insan Mandiri
Sukarelawan Ganjar Pranowo, Kiai Muda Jawa Timur, memprakarsai pelatihan barbershop di Lamongan, Jatim. Foto: Kiai Muda Ganjar.

jpnn.com - LAMONGAN - Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang menamakan diri Kiai Muda Jawa Timur, memprakarsai pelatihan barbershop atau pangkas rambut.

Kegiatan ini sebagai upaya menumbuhkan insan-insan kreatif dan mandiri sehingga memiliki kemampuan berwirausaha.

Belakangan, barbershop memang digandrungi karena dianggap menawarkan keuntungan yang cukup besar. Di kota-kota besar bahkan usaha bidang jasa itu bisa ditemukan hampir di setiap sudut jalan.

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jatim Gus Ali Baidlowi mengatakan pelatihan itu melibatkan para jemaah Majelis Taklim Joko Tingkir di Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jatim, Kamis (13/7) malam.

"Kiai Muda Jatim buat diklat barbershop. Bagaimana cara membuat bisnis barbershop dan juga bagaimana mereka bisa memangkas rambut, paling enggak bisa berguna untuk tetangga-tetangganya mungkin atau keluarganya," ucap dia dalam keterangannya.

Menariknya, diklat barbershop ini dimentori Sugeng Santoso (28) selaku wirausahawan muda yang berpengalaman di bidang pangkas rambut dan memiliki outlet sendiri.

Kiai Muda Jatim juga memberikan sejumlah bantuan berupa seperangkat alat cukur rambut kepada Majelis Taklim Joko Tingkir.

"Kalau memang di kota sudah trend, kalau di kampung-kampung mungkin juga perlu pengembangan karena biasanya mereka di kampung itu potong rambut itu gratis. Kami edukasi mereka bagaimana sebuah barbershop itu bisa menjadi UMKM dan menghasilkan," ungkapnya.

Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang menamakan diri Kiai Muda Jawa Timur, memprakarsai pelatihan barbershop atau pangkas rambut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News