Kiai Muda Ganjar Salurkan Air Bersih dan Bangun Sumur Bor di Bojonegoro

Kiai Muda Ganjar Salurkan Air Bersih dan Bangun Sumur Bor di Bojonegoro
Kiai Muda Jatim menyalurkan bantuan air bersih kepada warga di Bojonegoro. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BOJONEGORO - Sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur (Jatim) pendukung Ganjar Pranowo mencoba menghadirkan solusi atas permasalahan krisis air yang dihadapi warga Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro.

Mereka lantas melakukan pembangunan sumur bor sekaligus memberikan ribuan liter air bersih gratis untuk warga Desa Butoh.

Bantuan itu merupakan wujud kepedulian sukarelawan Kiai Muda Ganjar terhadap permasalahan-permasalahan yang dialami warga di Jawa Timur.

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi mengatakan bantuan itu diberikan untuk membantu warga desa yang tengah menghadapi krisis air imbas kemarau berkepanjangan.

"Kami melakukan pengeboran sumur untuk warga, yang saat ini sedang kekeringan. Jadi, kami inisiatif buatkan sumur bor, sehingga nanti kalau mereka ambil air tidak jauh dari (rumah) mereka," ujar Ali.

Ali mengatakan krisis air menjadi masalah menahun bagi warga desa. Pada tahun ini, Ali menyebut kekeringan telah berlangsung selama enam bulan terakhir.

Akibat kesulitan air, warga desa harus pergi cukup jauh untuk mengambil air di wilayah lain. Sementara sebagian lainnya terpaksa harus mengeluarkan uang lebih untuk sekadar membeli air bersih.

"Dua hari sekali pasti mereka membeli air. Waktunya mereka terbuang untuk cari air. Setiap tahun, sekitar 4 hingga 5 bulan itu waktu mereka tidak bisa dipakai bekerja, mereka kerja ternak hanya sampingan, pekerjaan mereka hanya cari air," kata Ali.

Sukarelawan Kiai Muda Jatim memberikan bantuan air bersih kepada warga yang ada di Bojonegoro.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News