Kiat Agar Mudik dengan Sepeda Motor Tetap Nyaman

Jangan Bawa Barang Berlebihan dan Cek Kesiapan Kendaraan

Kiat Agar Mudik dengan Sepeda Motor Tetap Nyaman
Kiat Agar Mudik dengan Sepeda Motor Tetap Nyaman
PULANG kampung untuk merayakan Lebaran alias mudik menggunakan sepeda motor, sepertinya sudah menjadi tradisi bagi warga pendatang di Jakarta dalam tiga tahun terakhir ini. Walau dianggap berbahaya dan riskan, namun mudik dengan mengendarai motor dan tidak disarankan oleh polisi tapi  dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan bila disiapkan dengan baik.

Bahkan, mudik dengan menggunakan sepeda motor dapat pula  menjadi malapetaka. Merujuk data, pada Operasi Ketupat Jaya 2009, kasus kecelakaan lalu lintas 266 kasus dengan korban meninggal dunia 33 orang, luka berat 145 orang, dan luka ringan 14 orang. Sedangkan pada Operasi Ketupat Jaya 2010, terjadi 213 kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia 45 orang, luka berat 76 orang, dan luka ringan 161 orang.

Sementara pada Operasi Ketupat Jaya 2009, kecelakaan lalu lintas itu melibatkan 319 unit kendaraan, dengan paling besar terjadi pada motor yakni 198 unit motor. Pada 2010 kendaraan yang terlibat kecelakaan meningkat 21,32 persen menjadi 387 kendaraan, dengan motor 237 unit. Untuk motor  berarti meningkat 18,70 persen dari 2009 ke 2010.

Walau polisi melarang tapi diperkirakan mudik dengan sepeda motor akan tetap terjadi bahkan meningkat. Karena itu guna menekan tingkat kecelakaan, berikut kiat-kiat dan langkah berbagai persiapan yang sebaiknya dilakukan pemudik yang akan menggunakan sepeda motor. 

PULANG kampung untuk merayakan Lebaran alias mudik menggunakan sepeda motor, sepertinya sudah menjadi tradisi bagi warga pendatang di Jakarta dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News