Kiat Kru KRI Dewaruci Menjaga Stamina di Tengah Pelayaran Panjang

Vitamin Setiap Hari, Olahraga Dua Kali Seminggu

Kiat Kru KRI Dewaruci Menjaga Stamina di Tengah Pelayaran Panjang
Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci akan membentangkan layarnya mengelilingi 4 benua di belahan dunia. Pelepasan pelayaran kapal yang ke 59 dan penjelajahan terakhir ini, dilakukan oleh KASAL Laksamana Soeparno di Dermaga Ujung Tanjung Perak Surabaya, Minggu (15/1). Foto : Dite Surendra/Jawa Pos
Mengarungi laut sepanjang 27.006 mil atau sekitar 50.015 kilometer jelas butuh stamina prima. Itulah tugas berat yang harus dilakoni para kru KRI Dewaruci yang tengah bermuhibah mengelilingi empat benua. Bagaimana mereka menjaga stamina agar tetap oke?

 

 SURYO EKO PRASETYO, Selayar
 

SUDAH tiga hari KRI Dewaruci berada di laut lepas. Sejak meninggalkan Dermaga Ujung, Surabaya, Sabtu (14/1), kapal berusia 60 tahun itu kini berada di kawasan perairan Selayar, Sulawesi Selatan. Dewaruci telah menempuh jarak sekitar 505 mil laut. Jarak tersebut hanya sebagian di antara rute menuju persinggahan pertama di Jayapura, Papua.

 

Untuk menuntaskan etape perdana sejauh 1.855 mil tersebut, diperkirakan butuh waktu 10?11 hari. Itu hanya bagian kecil dari perjalanan panjang yang bakal diarungi Dewaruci. Total ada 24 etape dengan lama perjalanan yang direncanakan 277 hari.

 

"Tentara saja harus siap fisik dan mental, apalagi Anda yang bukan tentara," kata Lettu Laut (K) dr Bangun Pramujo kepada Jawa Pos yang mengikuti muhibah tersebut.

Mengarungi laut sepanjang 27.006 mil atau sekitar 50.015 kilometer jelas butuh stamina prima. Itulah tugas berat yang harus dilakoni para kru KRI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News