Kiat Mengatasi Sakit Gigi dengan Obat Rumahan

Kiat Mengatasi Sakit Gigi dengan Obat Rumahan
Ilustrasi sakit gigi. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Nyeri ringan sampai berat di gigi dan area sekitarnya, seperti rahang umumnya disebabkan oleh kerusakan gigi. Rasa sakit mungkin datang dan pergi atau bisa juga konstan. Hilangkan nyeri dengan cara mengatasi sakit gigi di rumah.

Saat sedang sakit gigi, kemungkinan besar Anda akan merasakan gejala nyeri saat menggigit atau mengunyah. Gigi juga menjadi sangat sensitif terhadap suhu makanan, gusi dan pipi dekat gigi menjadi bengkak, gusi berdarah dan nyeri nyut-nyutan di gigi.

Jangan sampai aktivitas Anda terhambat karena sakit gigi. Tangani dengan beberapa cara mengatasi sakit gigi berikut ini, seperti dilansir laman Virginmediatelevision, Minggu (30/12).

1. Minyak cengkeh

Beberapa tetes minyak yang tajam ini langsung dioleskan ke tempat yang sakit bisa berfungsi cepat pada sakit gigi, berkat sifat penyembuhannya yang kuat. Bahan yang disebut eugenol memberikan bantuan - anestesi alami dan antibakteri yang juga bisa mengurangi peradangan di mulut.

Minyak biasanya mudah dibeli di apotek atau toko kesehatan setempat, tetapi jika Anda tidak bisa menemukannya, maka Anda bisa mencoba menempatkan seluruh cengkeh di mulut Anda, dekat gigi yang sakit dan menggigitnya untuk melepaskan minyak yang terkandung dalam cengkeh tersebut.

2. Kompres dingin

Menekankan pipi Anda pada sesuatu yang dingin adalah cara mudah untuk mendapatkan bantuan, terutama jika Anda tidak memiliki obat pereda nyeri lainnya. Tempatkan beberapa kubus es di dalam kain dan terapkan di luar bagian luar pipi yang sakit selama 10 menit, hal ini bisa menyempitkan pembuluh darah di gigi, sehingga sangat membantu jika sakit gigi disebabkan oleh trauma.

Jangan sampai aktivitas Anda terhambat karena sakit gigi. Tangani dengan beberapa cara mengatasi sakit gigi berikut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News