Penderita Diabetes Mellitus Gampang Alami Sakit Gigi?

Penderita Diabetes Mellitus Gampang Alami Sakit Gigi?
Mulut. Ilustrasi Foto: Pixabay

jpnn.com - Ditandai dengan kadar gula darah yang tidak terkendali, biasanya terjadi gangguan regulasi gula darah pada orang dengan penyakit diabetes, sehingga kadar gula darah berada di atas kadar normal.

Kondisi ini ternyata juga membuat penderita diabetes mellitus juga rawan mengalami sakit gigi.

Lalu apa hubungan diabetes dan sakit gigi?

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi hingga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satu bagian tubuh yang mengalami kerusakan akibat penyakit diabetes adalah pembuluh darah yang tidak normal dan cenderung rapuh.

Gangguan pembuluh darah inilah yang menyebabkan terjadi gangguan aliran darah ke berbagai organ tubuh manusia, di antaranya adalah organ jantung, paru dan ginjal. Selain organ tersebut, penderita diabetes juga mengalami gangguan pembuluh darah pada daerah gigi dan mulut.

Berikut ini berbagai jenis gangguan gigi dan mulut pada penderita diabetes:

1. Gigi berlubang.

Salah satu gangguan di daerah gigi dan mulut yang sering dialami penderita diabetes adalah gigi berlubang. Terdapat beberapa penyebab tingginya angka gigi berlubang pada penderita diabetes, salah satunya terkait kandungan saliva atau air liur.

Salah satu bagian tubuh yang mengalami kerusakan akibat penyakit diabetes adalah pembuluh darah yang tidak normal dan cenderung rapuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News