Kiat Mona Ratuliu Melepaskan Kecanduan Anak pada Gadget

Kiat Mona Ratuliu Melepaskan Kecanduan Anak pada Gadget
Mona Ratuliu saat ditemui di Pejaten Village, Jakarta Selatan. Foto: Djainab Natalia Saroh/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mona Ratuliu sempat merasa kesulitan mengatasi kecanduan anak-anaknya pada gadget. Dia pun harus berpikir keras dalam mengontrol ketiga anaknya dalam menggunakan gadget.

Apalagi, kata Mona Ratuliu, melakuka pendekatan pada ketiga anaknya harus dengan cara berbeda.

"Mereka kan punya karakter berbeda-beda. Jadi untuk mengatasinya, kita sebagai orang tua harus mengenali karakter anak dulu. Enggak bisa langsung kita larang (main gadget)," kata Mona Ratuliu usai menjadi pembicara dalam acara Kiddies Day Out 2018 di Pejaten Village, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Istri Indra Brasco ini mencontohkan anak pertamanya, Davina Shava Felisa, yang masih tidak bisa lepas dari gadget. Sedangkan dua anak lainnya, Barata Rahadian Nezar dan Syanala Kania Salsabila masih bisa terkontrol. 

Kiat Mona Ratuliu Melepaskan Kecanduan Anak pada Gadget

"Memang sedikit sulit mengontrol gadget dari anak-anak usia di bawah 10 tahun. Terkadang orang tua membolehkan anaknya bermain gadget karena ingin anaknya anteng. Tapi yang perlu diketahui bahwa perkembangan anak juga harus diperhatikan, karena ada perkembangan yang tidak bisa diwakilkan oleh gadget. Seperti perkembang motorik dan sosial anak," jelasnya.

Meski begitu, kata Mona, kehadiran Gadget juga tak melulu memberikan efek negatif pada anak-anak. Asalkan orang tua mau membimbing, gadget bisa juga memberikan dampak positif. 

"Kita ambil positifnya. Kita kasih mereka berkembang dengan gadget, tetapi waktunya yang harus kita batasi. Misalnya, weekend," tukasnya.

Mona Ratuliu mengajak para orang tua agar lebih kreatif dalam melepaskan kecanduan anak pada gadget dengan menghadiri acara Kiddies Day Out.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News