Fery Farhati Ungkap Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget

Fery Farhati Ungkap Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget
Istri Capres RI Anies Baswedan, Fery Farhati menjadi pembicara dalam talkshow parenting di Padang Pariaman, Sabtu (20/1/2024). Foto: supplied

jpnn.com, PADANG PARIAMAN - Istri Capres RI Anies Baswedan, Fery Farhati menjadi pembicara dalam talkshow parenting bertajuk 'Menjadi Orang Tua dan Guru dengan Pola Asuh Cerdas', di Padang Pariaman, Sumatera Barat pada Sabtu (20/1).

Di zaman teknologi yang canggih gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi orang dewasa ataupun anak kecil.

Kecanduan gadget saat ini menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh orang tua.

Fery dalam forum itu mengatakan setiap orang tua perlu menerapkan konsistensi dalam mengasuh anak untuk menghindari kecanduan gadget.

"Kuncinya itu sebenarnya konsistensi, sering kali kita sebagai orang tua itu merespons situasi yang dihadapi oleh kita bersama anak kita itu tidak memikirkan dampak ke depan tetapi lebih memikirkan dampak kondisi saat ini," ucapnya.

Pada acara yang berlangsung di Kampus Pondok Pesantren Modern Subulussalam itu, Fery menyebut kunci keberhasilan dalam mengasuh anak ada pada 1000 hari pertama yang merupakan kesempatan bagi orang tua untuk membangun dan menetapkan fondasi perkembangan anak.

Fery tak menapik bahwa untuk konsisten tidak memberikan gadget dan tontonan televisi ke anak memang tidak mudah. Namun, hal ini merupakan sebuah proses belajar disiplin bagi anak.

"Memang struggle, enggak gampang. Pasti ada berantemnya sama anak, anak nangis tetapi itu proses dia belajar untuk menghadapi aturan dari orang tua yang konsisten. Anak nangis itu enggak apa-apa, tetapi jangan kita bengkok karena anak menangis," tuturnya.

Istri Capres RI Anies Baswedan, Fery Farhati mengungkap cara mengatasi anak kecanduan gadget saat jadi pembicara parenting di Padang Pariaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News