JPNN.com

Kiat Nyaman Bepergian untuk Penderita Vertigo

Minggu, 17 Maret 2019 – 05:48 WIB Kiat Nyaman Bepergian untuk Penderita Vertigo - JPNN.com

jpnn.com - Meski musim liburan belum tiba, tak ada salahnya mulai merencanakan perjalanan Anda dari sekarang untuk menambah semangat saat bekerja. Sayangnya, tidak semua orang dapat menikmati liburannya karena beberapa kondisi kesehatan. Salah satu kondisi yang sering dirasa mengganggu adalah vertigo.

Vertigo adalah kondisi dimana seseorang merasa pusing berputar. Ada banyak penyebab vertigo. Namun, salah satu yang paling sering terjadi adalah masalah di organ keseimbangan yang terdapat di telinga bagian dalam.

Gejalanya meliputi pusing berputar, sensasi tubuh terbalik atau ruangan yang terbalik, sempoyongan, mual, muntah, serta berdenging di telinga. Sebagian besar kasus vertigo adalah kondisi yang jinak. Meskipun demikian, gejalanya dapat sangat mengganggu penderita dan membuat mereka enggan untuk bepergian jauh, termasuk liburan.

Namun demikian, Anda tidak perlu resah. Ada beberapa trik agar para penderita vertigotetap dapat bepergian dengan nyaman.

Sebelum bepergian

Kenali pencetus vertigo. Ada beberapa hal yang dapat mencetuskan munculnya vertigo. Beberapa orang mengeluh vertigo mudah terjadi bila kelelahan, makan makanan manis, makan makanan asin, duduk atau berdiri terlalu lama, dan sebagainya. Sebelum bepergian, kenali dulu kondisi yang mencetuskan vertigo Anda.

Rencanakan perjalanan Anda. Jauh-jauh hari sebelum memulai perjalanan, cari tahu tempat tujuan dan perjalanan yang akan Anda tempuh. Ketahui juga lama perjalanan, cuaca di tempat tujuan, hingga informasi seperti adakah fasilitas kesehatan di sana. Anda perlu waspada dengan perubahan tekanan udara, jalan yang berliku-liku, dan kelembapan udara yang dapat memicu gejala vertigo.
Selain itu, sebaiknya jangan solo travelling. Ajak seorang teman atau keluarga untuk bepergian. Jadi, ketika gejala vertigo muncul, ada rekan yang dapat menolong dan mendampingi Anda.

Siapkan obat-obatan rutin. Sebelum bepergian, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter dan siapkan obat-obatan rutin untuk vertigo sesuai dengan anjuran dokter.

Selama Perjalanan

  • Pilih tempat duduk yang tepat. Usahakan duduk di tempat dengan pergerakan vertikal seminimal mungkin misalnya di kursi depan mobil atau bus, sedekat mungkin dengan permukaan air laut bila Anda menggunakan kapal laut, dan dekat dengan bagian sayap bila menggunakan pesawat.
  • Usahakan melihat melalui jendela atau menghadap ke depan. Saat perjalanan, mata Anda harus melihat benda yang bergerak untuk menghindari gangguan persepsi. Karena itu hindari aktivitas yang membuat mata terfokus pada benda diam, seperti membaca, melihat layar laptop, atau ponsel.
  • Istirahat di tengah perjalanan. Bila memungkinkan, terutama dalam perjalanan jarak jauh, berhentilah di tengah perjalanan, setidaknya 3-4 jam sekali. Saat mobil atau kereta berhenti, pergilah keluar dari kendaraan Anda untuk berjalan kaki dan menghirup udara luar. Bila menggunakan pesawat, Anda bisa berjalan sebentar untuk meregangkan otot-otot Anda.
  • Minum air putih. Kekurangan cairan (dehidrasi) adalah salah satu pencetus vertigo. Karena itu, upayakan agar asupan cairan Anda selalu terpenuhi sepanjang perjalanan.
  • Siapkan camilan sehat. Makanlah 2-3 jam sebelum memulai perjalanan. Usahakan makan makanan yang tinggi serat dan protein. Jangan lupa juga untuk siapkan camilan sehat, seperti buah potong atau yoghurt. Hindari camilan tinggi kalori dan tinggi gula, seperti cokelat, kue manis. Kandungan gula yang tinggi dalam makanan juga dapat mencetuskan vertigo.

Gejala vertigo memang sangat mengganggu. Namun, itu bukan alasan perjalanan Anda menjadi terhambat. Berbekal saran-saran di atas, kini Anda dapat merencanakan liburan Anda dengan tenang dan lebih nyaman tanpa diganggu gejala vertigo.(HNS/RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...