Selasa, 26 Maret 2019 – 07:38 WIB

Usir Migrain Dengan Cara ini

Kamis, 14 Maret 2019 – 20:51 WIB
Usir Migrain Dengan Cara ini - JPNN.COM

jpnn.com - Migrain atau sakit kepala sebelah bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Lebih menganggu lagi bila migrain datang di momen-momen penting atau tugas kantor yang tak bisa ditinggalkan.

Namun, jangan terlalu khawatir, ada cara yang dianjurkan oleh dr. Ega dari Klikdokter untuk mengusir migrain antara lain:

  • Sesudah makan, konsumsilah obat penghilang rasa nyeri, seperti parasetamol, gabungan antara parasetamol dan kafein, atau golongan antiperadangan nonsteroid (asam mefenamat, natrium diklofenak, methampyron, dan sebagainya).
  • Hindari wilayah yang pencahayaannya terlalu terang dan terlalu bising agar sakit kepala tidak memburuk.
  • Bila migrain disertai mual dan muntah, diperbolehkan untuk mengonsumsi obat antimual.
  • Konsumsi vitamin B12 untuk mengurangi hipereksitabilitas saraf, sehingga membantu meredakan gejala migrain.
  • Mandi dengan air hangat. Sebab, air hangat dapat membuat saraf dan otot tubuh lebih relaks.
  • Hindari makanan yang mengandung monosodium glutamate (MSG), nitrat, makanan yang difermentasikan, minuman beralkohol dan cokelat.
  • Hirup aromaterapi untuk mengurangi ketegangan saraf dan otot.
  • Bila ada kesempatan, lakukan olahraga seperti yoga. Penelitian menyebutkan bahwa yoga berkaitan dengan ketenangan dan relaksasi tubuh, sehingga bisa meredakan sensasi nyeri kepala.
  • Bila cara di atas sudah dilakukan tetapi gejala migrain masih tetap ada, dr. Ega menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf. Sebab, migrain berat hanya bisa diatasi dengan obat-obatan golongan triptan atau ergotamine yang hanya boleh didapatkan dari resep dokter spesialis saraf.

Migrain itu sebenarnya berlangsung antara 2-72 jam, tergantung keparahannya. Bila migrain berat telanjur melanda Anda yang sedang bekerja, segeralah beristirahat yang cukup.

Penderita migrain juga bisa memiliki pandangan yang berkunang-kunang serta sensitif terhadap cahaya dan jangan paksakan untuk bekerja. Terakhir jangan lupa segera minum obat sesuai saran dokter ya.(NP/RVS/klikdokter)

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar