KIB Bisa Tentukan Capres Lewat Konvensi, Nih Jadwalnya

KIB Bisa Tentukan Capres Lewat Konvensi, Nih Jadwalnya
Para ketua umum dan eliter parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Foto: Dok. KIB

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mulai melakukan pembahasan mengenai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung pada Pilpres 2024.

“Acara berikutnya (pembahasan capres-cawapres). Kami persiapkan pada awal November 2022 di wilayah Indonesia timur,” tegas Ketum Golkar Airlangga Hartarto, kemarin.

Koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga disebut bakal memprioritaskan kader dari Partai Golkar, PAN, dan PPP untuk diusung sebagai capres. Penunjukan capres tidak dilakukan lewat mekanisme pemungutan suara atau voting, tetapi musyawarah untuk mencapai aklamasi.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai ketiga partai anggota KIB akan mengajukan nama masing-masing capres.

“Melihat kecenderungannya, partai-partai di KIB akan usung nama-nama capres yang bakal diusung di Pilpres 2024. Golkar, PPP, dan PAN akan urun rembuk. Meletakkan nama-nama capres di atas meja perundingan untuk disetujui," kata Adi, Senin (17/10/2022).

Menurut Adi, KIB akan cenderung memilih jalan bermusyawarah dalam penentuan nama calon presiden yang hendak diusung di Pilpres 2024.

“KIB sejauh ini kekeluargaan, mungkin karena pemilu masih jauh. Belum ada kata final soal capres," tambahnya.

Adi menilai dukungan dari sejumlah kader PPP dan PAN untuk Ganjar Pranowo belum mencerminkan sikap resmi partai terkait.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mulai melakukan pembahasan mengenai Capres dan Cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News