KIB Solid, Pemilih PKS dan Demokrat Tolak NasDem

KIB Solid, Pemilih PKS dan Demokrat Tolak NasDem
Ketum Partai NasDem Surya Paloh belum memutuskan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju di Pilpres 2024, seusai pertemuan dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (22/6) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indometer menyebutkan pendukung partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) cenderung lebih solid dibandingkan dengan partai-partai koalisi lain, seperti Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat, kata Direktur Eksekutif Indometer Leonard.

"Di tengah belum solidnya rencana pembentukan koalisi, pendukung PKS dan Demokrat cenderung menginginkan bergabung dengan koalisi lain, meninggalkan NasDem," kata Leonard dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Senin.

Berdasarkan survei tersebut, hanya 19,3 persen responden pemilih PKS yang tetap ingin berkoalisi dengan NasDem, sedangkan 63,2 persen responden pemilih PKS lebih mendukung bergabung ke koalisi Gerindra-PKB.

Selain itu, sebanyak 14 persen responden pemilih PKS ingin bergabung dengan KIB, sedangkan 1,8 persen lainnya ingin bergabung dengan PDI Perjuangan dan 1,8 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

"Pemilih PKS tampaknya lebih nyaman dengan Prabowo (Ketua Umum DPP Partai Gerindra), sehingga akan condong mendukung koalisi Gerindra-PKB," kata Leonard.

Demikian pula dengan responden pemilih Partai Demokrat. Menurut hasil survei itu, 55,7 persen responden condong bergabung dengan KIB, sementara 13,1 persen setuju jika Partai Demokrat berkoalisi dengan Partai NasDem.

Sementara itu, 57,7 persen responden pemilih Partai NasDem menginginkan partai tersebut tetap memimpin koalisi, sedangkan 20 persen lainnya setuju bergabung dengan KIB, 12,5 persen bersama PDI Perjuangan, dan 5 persen ikut dengan koalisi Gerindra-PKB.

Terkait responden pemilih Partai Golkar, PAN, dan PPP, masing-masing mendukung bergabung dengan KIB sebesar 66,7 persen, 61,5 persen, dan 42,4 persen.

Hasil survei terbaru memperlihatkan bahwa pilihan partai dalam berkoalisi tak selalu sejalan dengan akar rumput. NasDem, PKS dan Demokrat contohnya

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News