Kilang di Cilacap Terbakar, Puan Minta Pertamina Melakukan Audit

Kilang di Cilacap Terbakar, Puan Minta Pertamina Melakukan Audit
Ketua DPR RI Puan Maharani Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta PT Pertamina melakukan audit internal sistem pengamanan kilang menyusul kejadian kebakaran tempat penampungan minyak perusahaan pelat merah itu di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (13/11).

"Kami berharap ada investigasi menyeluruh dan evaluasi total sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari," kata politikus PDIP itu dalam keterangan persnya, Senin (15/11).

Terlebih lagi, kejadian kebakaran kilang milik Pertamina bukan sekali terjadi. Pada 29 Maret 2021, terjadi kebakaran kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Kemudian kebakaran kilang minyak milik Pertamina terjadi di area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap pada 11 Juni 2021.

Puan menyebut Pertamina bisa menemukan solusi dari kasus-kasus kebakaran kilang setelah melakukan audit.

"Seringnya kebakaran di kilang minyak Pertamina memerlukan evaluasi mendalam. Harus ada audit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik Pertamina sehingga bisa ditemukan apa persoalannya," ungkap mantan Menteri Koordinator Bindang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Selain itu, kata Puan, Pertamina harus memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat di sekitar kilang, termasuk para pekerjanya sehingga perlu melakukan audit.

“Sistem pengamanan Pertamina harus memprioritaskan keselamatan pekerja di lingkungan kilang dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya," ujar dia. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Ketua DPR Puan Maharani meminta PT Pertamina melakukan audit internal sistem pengamanan kilang menyusul kebakaran di tempat kilang minyak Cilacap, Jawa Tengah.


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News