Kim Jong-un: Kami Baru Pemanasan

Kim Jong-un: Kami Baru Pemanasan
Kim Jong-un bersama jenderal-jenderalnya tertawa saat uji coba peluncuran rudal Hwasong 12 yang melintasi wilayah Jepang, Selasa (28/8). Foto: Rodong Sinmun

jpnn.com, SEOUL - Korea Utara (Korut) tidak menggubris reaksi keras dunia terhadap peluncuran rudal balistiknya Selasa (29/8). Untuk kali pertama, Korean Central News Agency (KCNA) mengonfirmasikan bahwa rudal yang memicu alarm peringatan di Jepang itu milik Korut.

Pyongyang pun berjanji akan menembakkan lebih banyak rudal lagi. ”Seperti perang yang sesungguhnya, itu hanyalah aksi awal Tentara Rakyat Korea (Korean People’s Army atau KPA) di (Samudra) Pasifik dan pemanasan sebelum menyerang (Kepulauan) Guam.” Demikian bunyi keterangan tertulis KCNA mengutip pernyataan Kim Jong-un, Rabu (31/8).

”Pemimpin Kim telah memerintah KPA berlatih meluncurkan rudal lagi menarget lokasi yang sama,” terang juru bicara KCNA.

Lokasi yang dimaksud adalah Guam. Namun, Jepang pun akan terdampak. Sebab, sebelum mencapai Guam, rudal balistik Korut harus lebih dahulu melintasi Jepang.

Bagi Korut, Guam yang berpenduduk sekitar 160.000 orang adalah ancaman. Sebab, wilayah kepulauan yang merupakan bagian dari Amerika Serikat (AS) itu memiliki pangkalan militer yang lengkap dengan personel dan persenjataan canggih.

BACA: Whuss..Rudal Korut Melintas di Langit Jepang, Tokyo Geram

 

”Guam adalah basis invasi lanjutan AS,” klaim KCNA. Dari Guam, AS yang bersekutu dengan Jepang dan Korea Selatan (Korsel) bisa melancarkan serangan militer ke Korut.

Korea Utara (Korut) tidak menggubris reaksi keras dunia terhadap peluncuran rudal balistiknya Selasa (29/8). Untuk kali pertama, Korean Central News

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News