Whuss..Rudal Korut Melintas di Langit Jepang, Tokyo Geram

Whuss..Rudal Korut Melintas di Langit Jepang, Tokyo Geram
Salah satu misil Korea Utara. Foto: AFP

jpnn.com - Korea Utara berulah lagi. Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu menembakkan rudal mereka melintasi wilayah udara Jepang, Selasa (29/8) dini hari.

"Misil yang diluncurkan Korea Utara terbang melewati Jepang," ujar juru bicara Pentagon Kolonel Rob Manning seperti diberitakan CNN.

"Saat ini kami masih mengkaji peluncuran tersebut," lanjut perwira Angkatan Darat Amerika Serikat itu.

Menurut Korea Selatan, musuh bebuyutan mereka tersebut meluncurkan proyektil yang tak teridentifikasi dari area dekan Sunan, Pyongyang. Proyektil tersebut diarahkan ke laut bagian timur Semenanjung Korea dan melintasi Jepang.

Pemerintah Jepang sendiri mengatakan bahwa misil tersebut melintas di atas Tanjung Erimo, Hokkaido. Mereka memperkirakan rudal tersebut jatuh di Samudera Pasifik, sekitar 1000 kilometer di timur Tanjung Erimo.

Meski cuma melintas, peluncuran rudal oleh Korut itu tak dianggap enteng oleh Jepang. Pemerintah Negeri Sakura itu sangat berang kepada Pyongyang.

"Kami menganggap peluncuran rudal oleh Korut pagi ini sebagai ancaman paling serius dan berbahaya yang pernah kami dapat," ujar Kepala Kabinet Jepang Yoshihide Suga. Korut sendiri meluncurkan rudal tersebut pada pukul 5:57 waktu setempat.

Aksi Korut tersebut, lanjut Suga, dapat membahayakan perdamaian dan keamanan kawasan Asia-Pasifik. Selain itu, rudal Korut tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan dan pelayaran di wilayah Jepang dan sekitarnya.

Korea Utara berulah lagi. Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu menembakkan rudal mereka melintasi wilayah udara Jepang, Selasa (29/8) dini hari.

Sumber CNN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News