Istri Mendiang Shinzo Abe Terharu Menerima Hadiah Lukisan SBY

Istri Mendiang Shinzo Abe Terharu Menerima Hadiah Lukisan SBY
Istri mendiang mantan PM Jepang Shinzo Abe, Akie Abe (tengah) menerima lukisan karya Presiden ke-enam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Dipo Alam di Tokyo, Jumat (12/5/2023). Foto: KBRI Tokyo

jpnn.com, TOKYO - Istri mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Akie Abe, menerima lukisan karya Presiden ke-enam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Kabinet RI (2010-2014) Dipo Alam di Tokyo, Jumat (12/5) malam.

Akie di Tokyo, Jumat, mengaku terharu dengan lukisan karya SBY, yakni Gunung Fuji, dan lukisan karya Dipo Alam yang menggambarkan Abe mengenakan kemeja batik motif Jawa Hokokai sarat dengan pengaruh budaya Jepang.

“Saya sangat terharu melihat kedua lukisan ini. Mendiang suami saya memandang penting hubungan persahabatan Indonesia-Jepang," katanya.

Ia juga turut bangga karena dalam lukisan tersebut mendiang suaminya mengenakan batik dengan gagah.

"Mungkin suami saya tidak pernah memakai batik sebagus ini, tapi dalam lukisan bapak Dipo Alam suami saya terlihat sangat bangga. Saya yakin beliau sedang menjaga hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Dipo Alam mengatakan pesan moral yang ingin disampaikan dalam lukisan Shinzo Abe adalah berpolitik dengan mengedepankan kedamaian.

“Abe semasa hidup selalu mengampanyekan perdamaian dunia khususnya kawasan Asia Pasifik termasuk ASEAN. Peristiwa tragis penembakan terhadap PM Abe menginspirasi saya untuk melukis Abe. Tidak boleh lagi ada terulang peristiwa kekerasan,” katanya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi yang telah memfasilitasi penyerahan lukisan ini kepada Akie Abe.

Istri mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Akie Abe, menerima lukisan karya Presiden ke-enam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News