Kim Jong-un Pecat Paman

Kim Jong-un Pecat Paman
Kim Jong-un Pecat Paman

jpnn.com - SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kembali mengambil keputusan kontroversial. Putra Kim Jong-il tersebut dilaporkan mencopot Jang Song-thaek yang menjabat wakil kepala Komisi Pertahanan Nasional, institusi militer paling berpengaruh di negeri komunis itu. Thaek adalah paman Jong-un.

Informasi tersebut diperoleh dari laporan Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan dan disampaikan kepada komisi pertahanan di parlemen. Jika laporan tersebut benar, pencopotan itu akan menjadi pergantian tampuk pimpinan militer paling berpengaruh sejak Kim Jong-un memerintah pada Desember 2011.

Suami Kim Kyong-hui, adik Kim Jong-il yang juga sangat berpengaruh di Korut, tersebut merupakan sosok penting dalam memuluskan jalan Kim Jong-un untuk menjadi orang nomor satu di Pyongyang. Saat itu sempat terjadi sengketa tentang sosok yang tepat menggantikan Kim Jong-il untuk meneruskan pemerintahan.

Thaek juga sering disebut-sebut sebagai orang nomor dua dalam hierarki kekuasaan di Korut. Bahkan, sejumlah analis menyatakan pria 67 tahun tersebut adalah pemimpin Korut sebenarnya yang memengaruhi berbagai pengambilan kebijakan oleh pemerintah Kim Jong-il. (AFP/cak/c16/dos)


SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kembali mengambil keputusan kontroversial. Putra Kim Jong-il tersebut dilaporkan mencopot Jang Song-thaek


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News