Kim Jong Un Tegaskan Siap Bertemu Trump

Kim Jong Un Tegaskan Siap Bertemu Trump
Kim Jong Un memeriksa pasukannya. Foto: AFP

jpnn.com, SEOUL - Harapan untuk menyaksikan pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un di Singapura pada 12 Juni mendatang belum pupus.

Kemarin, Minggu (27/5) Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in menegaskan bahwa Pyongyang masih berpegang pada komitmennya untuk berdialog dengan AS. Selain itu, program denuklirisasi terus berjalan.

’’Beliau (Jong-un) kembali menyampaikan komitmennya untuk menuntaskan denuklirisasi dan mengakhiri permusuhan antara AS dan Korut,’’ kata Moon dalam jumpa pers di ibu kota Korsel sebagaimana dilansir Associated Press kemarin.

Sehari sebelumnya, presiden ke-12 Korsel itu kembali bertemu dengan Jong-un. Pertemuan kedua tersebut berlangsung di Desa Panmunjom tanpa publikasi besar-besaran seperti 27 April lalu.

Dalam pertemuan kedua itulah Moon mendapatkan jaminan dari Jong-un bahwa Korut masih memegang teguh komitmennya terhadap AS dan Korsel.

Bahkan, setelah Trump tiba-tiba mengumumkan batalnya pertemuan 12 Juni itu pada Kamis (24/5), Pyongyang bergeming.

Korut tetap berharap pertemuan yang sudah lama dirancang tersebut terlaksana sesuai jadwal.

Kemarin Gedung Putih melaporkan bahwa persiapan dialog antara Trump dan Jong-un berlanjut. ’’Semua berjalan lancar,’’ ujar salah seorang pejabat Gedung Putih kepada Reuters.

Harapan untuk menyaksikan pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un belum pupus

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News