Kinerja Moncer, Karya Bersama Anugerah Kantongi Laba Bersih Rp 9,3 Miliar

Kinerja Moncer, Karya Bersama Anugerah Kantongi Laba Bersih Rp 9,3 Miliar
PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG), pengembang real estate dengan konsep rumah hunian sederhana berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto dok KBAG

jpnn.com, JAKARTA - PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG), salah satu pengembang hunian terkemuka di Balikpapan, Kalimantan Timur berhasil membukukan penjualan pada akhir 2022 sebesar Rp 77 miliar.

Direktur Utama KBAG, Nicholas Sumasto Tjia menuturkan jumlah tersebut meningkat sebesar 98 persen dari penjualan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 39 miliar.

Seiring dengan peningkatan penjualan, KBAG juga mencatatkan peningkatan laba usaha serta laba bersih yang cukup signifikan masing-masing menjadi sebesar Rp 1,8 miliar dan Rp 9,3 miliar atau meningkat sebesar 391% dan 498%.

Adapun beberapa faktor yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan perseroan antara lain karena tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk KBAG yang tinggi, yang berdampak meningkatnya nilai jual pada periode terakhir ini serta ditambah dengan kolaborasi antar Sumber Daya Manusia nya, dari luar maupun dari dalam.

Dari sisi Neraca, total asset KBAG tidak mengalami perubahan yang signifikan di mana total aset mengalami penurunan tipis sebesar 3% dari Rp 458 miliar menjadi sebesar Rp 443 miliar pada 2022.

Hal ini dikarenakan oleh penurunan liabilitas sebesar 31% dari sebesar Rp 77 miliar menjadi sebesar Rp 53 miliar.

“Sedangkan dari sisi ekuitas, KBAG membukukan peningkatan tipis sebesar 2% dari Rp 381 miliar sebesar Rp 390 miliar pada 2022. Kenaikan ini utamanya disebabkan karena laba bersih yang diperoleh Perseroan sehingga meningkatkan saldo laba ditahan," ujar Nicholas Sumasto Tjia.

Saat ini perkembangan di IKN sangat signifikan, terlihat dari perkembangan jalan menuju IKN maupun pembangunan di dalam IKN itu sendiri.

Meski perekonomian masih dibayang-bayangi oleh endemi COVID-19, operasional Karya Bersama Anugerah masih berjalan cukup baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News