Kini, Layanan Operasi Kapal di Pelabuhan Makin Cepat

Kini, Layanan Operasi Kapal di Pelabuhan Makin Cepat
Salah satu terobosan yang dihadirkan Pelindo III adalah aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelindo III melakukan penyempurnaan pelayanan terutama dukungan teknologi. Salah satu terobosan yang dihadirkan Pelindo III adalah aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA.

Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, aplikasi VASA ini diluncurkan untuk membuat standardisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan di wilayah kerja perseroan, sehingga proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah.

Hal ini berdampak langsung kepada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan seperti planner modul yang berfungsi untuk menyimulasikan bagaimana planner (khususnya tambatan) bisa melakukan perencanaan ploting tambatan.

Serta penjadwalan kapal yang akan digantikan, serta real time monitoring untuk melakukan kontrol secara langsung kegiatan dengan data real time yang ada di dalam VASA.

“Aplikasi VASA kami sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS barang dan petikemas serta portal customer punya kami yang telah beroperasi sebelumnya sehingga memudahkan pengguna jasa bisa melakukan perencanaan panjang masa tambat kapal. Selain itu VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing,” jelas Doso.

Selain itu, aplikasi ini juga terkoneksi dengan AIS sehingga bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan.

PT Anugerah Pasific Jaya, salah satu pengguna jasa Pelindo III yang menggunakan VASA dalam kegiatan pelayarannya mengatakan, aplikasi VASA memudahkan pihaknya dalam mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar hingga bongkar muat.

Apalagi dengan VASA hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui ponsel.

Salah satu terobosan yang dihadirkan Pelindo III adalah aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News