Pelindo I Bentuk Terminal Peti Kemas Belawan

Pelindo I Bentuk Terminal Peti Kemas Belawan
PT Pelindo I melakukan penataan organisasi pada terminal peti kemas yang berada di wilayah Medan, yakni Belawan International Container Terminal (BICT) dan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB). Foto Pelindo I

jpnn.com, MEDAN - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I melakukan penataan organisasi pada terminal peti kemas yang berada di wilayah Medan, yakni Belawan International Container Terminal (BICT) dan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB).

Pelindo 1 melakukan penggabungan manajemen kedua terminal peti kemas tersebut menjadi Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang ditandai secara resmi dengan dikeluarkannya Peraturan Direksi PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Nomor. PR.02/I/6/PI-20.TU pada 6 Januari 2020.

General Manager TPK Belawan, Indra Pamulihan menjelaskan kebijakan penggabungan manajemen BICT dan TPKDB menjadi satu manajemen menjadi Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan merupakan salah satu upaya dan strategi korporasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik.

"Untuk memenuhi customer satisfaction pengguna jasa kepelabuhanan atas layanan jasa bongkar muat peti kemas yang handal dan efisien, serta juga untuk peningkatan revenue dan efisiensi biaya,” terang Indra.

Kinerja pelayanan bongkar muat di BICT dan TPKDB mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, produktivitas bongkar muat di BICT pada 2019 mencapai 54,30 Box/Ship/Hour (B/S/H) meningkat dibandingkan tahun 2018 yang sebesar 49,85 B/S/H.

Sama halnya dengan di TPKDB, produktivitas bongkar muat pada tahun 2019 sebesar 44,16 B/S/H meningkat dibanding tahun 2018 yang sebesar 37,49 B/S/H.

Kunjungan kapal di TPKDB pada 2019 sebanyak 346 call tumbuh meningkat 4,8 persen dibanding 2018 yang sebanyak 330 call.

Realisasi trafik bongkar muat peti kemas domestik pada 2019 sebanyak 434.576 box tumbuh meningkat 4,6 persen dibanding 2018 yang sebanyak 415.214 box.

Pelindo 1 melakukan penggabungan manajemen kedua terminal peti kemas tersebut menjadi Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang ditandai secara resmi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News