JPNN.com

Kini Lewat Tol Manado-Bitung Cukup 30 menit Saja

Rabu, 30 September 2020 – 11:00 WIB
Kini Lewat Tol Manado-Bitung Cukup 30 menit Saja - JPNN.com
Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara. Foto dok PT PP

jpnn.com, MANADO - PT PP (Persero) Tbk berhasil merampungkan pembangunan proyek Jalan Tol ManadoBitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer.

Presiden Jokowi melakukan peresmian pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara secara virtual dari Istana Negara di Bogor Jawa Barat didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir, Selasa (29/9).

Sedangkan, acara peresmian Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu dipusatkan di Gerbang Tol Manado diwakili oleh Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono yang turut hadir secara langsung di lokasi peresmian proyek mewakili Pemerintah.

Pelaksanaan peresmian tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat bagi para undangan yang hadir di lokasi acara.

“Sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat. Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 Km. Gerbang tolnya (GT Manado) hanya 9 Km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi. Jadi, sangat dekat," ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

"Manado-Bitung ini merupakan jalan tol pertama yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Utara yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Utara, Kota Manado. Proyek pembangunan jalan tol ini memiilki nilai kontrak sebesar Rp3,16 triliun untuk pekerjaan seksi II," kata Direktur Utama PT PP Novel Arsyad.

Proyek Jalan Tol Manado-Bitung Seksi II ini memiliki lintasan sepanjang ± 26 kilometer dengan masa pelaksanaan selama 969 hari kalender.

Jalan tol ini dimiliki oleh PT Jasamarga Manado Bitung, di mana susunan kepemiikannya terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 65%, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebesar 20%, dan PT PP sebesar 15%.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy