Kirim 31 Mahasiswa Teliti Kelautan

Kirim 31 Mahasiswa Teliti Kelautan
Kirim 31 Mahasiswa Teliti Kelautan
JAKARTA --Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mengirim 31 orang mahasiswa dan 9 orang dosen baik dari perguruan tinggi negeri dan swasta untuk mengikuti penelitian kelautan yang bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Oseanografi (PO2).

Direktur Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Kemdiknas, Achmad Jazidie menerangakan, kegiatan ini dilakukan karena saat ini jumlah dan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam bidang pengetahuan sumberdaya laut masih sangat terbatas.  "Selain itu, hasil penelitian tentang kelautan masih sangat kurang, sedangkan Indonesia merupakan negara maritim," ungkap Jazidie ketika ditemui di Pelabuhan Muara Baru, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (23/9).

Kegiatan yanpenelitian yang diberi nama Pelayaran Kebangsaan bagi Ilmuwan Muda (PKIM) 2010 akan berlangsung mulai 23 September - 4 Oktober 2010 mendatang. Jazidie mengatakan, kegiatan ini juga dibagi ke dalam dua kelompok, yakni bidang biologi dan oseanografi. Untuk bidang Biologi, lanjut Jazidie, menrliti tentang mangrove, karang, ikan, lamun, algae, dan mollusca. Sedangkan untuk bidang Oseanografi meneliti tentang fisika, logam berat, mikrobiologi, geologi, plankton dan kimia hara. Jazidie menyebutkan, jumlah spesies biota laut yang ada di perairan Indonesia saat ini diperkirakan sekitar 17 persen dari jumlah spesies biota laut yang ada di seluruh Indonesia.

Dikatakan, kegiatan masing-masing bidang dilakukan selama 7 hari di mana seluruh  peneliti akan mengikuti pengayaan materi. Kemudian,  setelah itu akan melakukan penelitian, dan mereka harus menyelesaikan laporan penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah yang nantinya akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah Bungai Rampai.

JAKARTA --Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mengirim 31 orang mahasiswa dan 9 orang dosen baik dari perguruan tinggi negeri dan swasta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News