Kirobo si Teman Ngobrol di Luar Angkasa

Kirobo si Teman Ngobrol di Luar Angkasa
Koichi Wakata, astronot Jepang di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bersama robot bernama Kirobo. Foto: news.yahoo.com

jpnn.com - TOKYO - Kirobo, robot astronot pertama, benar-benar bisa menjadi teman ngobrol di belantara angkasa yang sepi. Kemarin (20/12) ia memamerkan keahlian bercakap-cakap dengan Koichi Wakata, astronot Jepang yang bertugas di International Space Station (ISS/Stasiun Luar Angkasa Internasional).

"Sinterklas datang ke luar angkasa," kata Kirobo kepada Wakata dalam sebuah percakapan di dalam keadaan tanpa gravitasi, ratusan kilometer di atas bumi. "Apa yang kamu minta dari Sinterklas, Kirobo?" kata Wakata. Ternyata, Kirobo minta mainan roket.

Percakapan itu terjadi tanpa rekayasa dan skenario. Sebab, Kirobo, robot setinggi anjing chihuahua, me­mang benar-benar bisa merespons percakapan.

Kirobo yang mengangkasa pada 10 Agustus disebut-sebut sebagai robot bicara pertama yang ke luar angkasa. Kini ia ditemani Wakata, Mikhail Tyurin dari Russia, dan Rick Mastracchio dari AS.

Dalam video yang dikirim ke bumi kemarin, percakapan Kirobo terlihat sangat lancar. Meski begitu, penciptanya belum puas. "Ada beberapa masalah sehingga dialog itu jadi kurang mulus," ucap Tomotaka Takahashi, pembuat robot tersebut. "Tapi, kami sudah punya tip-tip penting untuk mengembangkan robot yang bisa bicara dengan manusia," tambahnya.

Sebagai robot, jawaban Kirobo terasa polos dan jujur. "Rasanya bagaimana saat kamu meluncur di roket," tanya Wakata. "Luar biasa!!" jawab Kirobo. (AFP/c15/dos/esy/jpnn)


TOKYO - Kirobo, robot astronot pertama, benar-benar bisa menjadi teman ngobrol di belantara angkasa yang sepi. Kemarin (20/12) ia memamerkan keahlian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News