Minggu, 23 September 2018 – 13:20 WIB

Kisah Agus, Sopir Truk yang Akhirnya Bertemu Presiden Jokowi

Rabu, 09 Mei 2018 – 07:14 WIB
Kisah Agus, Sopir Truk yang Akhirnya Bertemu Presiden Jokowi - JPNN.COM

jpnn.com - Agus Yuda, seorang sopir truk, bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/5), setelah menempuh 729 kilometer selama 23 hari berjalan kaki dari Mojokerto, Jawa Timur.

Jokowi menemui Agus secara khusus setelah mengikuti silaturahmi dengan para pengemudi truk di Istana Negara, Jakarta. Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Syafruddin.

Kesempatan itu pun tak disia-siakan Agus. Dia ”memuntahkan” penderitaan yang selama ini dipendam sebagai sopir barang antarkota. Setiap hari dia harus berurusan dengan aksi pemalakan.

”Yang saya sampaikan ke Pak Presiden tadi ya kami seluruh driver angkutan barang di seluruh Indonesia itu meminta keamanan dan kenyamanan waktu mendistribusikan barang,” kata dia.

Agus memulai perjalanan ekstremnya tersebut pada 8 April 2018. Ayah dua anak itu sampai di Jakarta pada 3 Mei lalu. Dengan bekal pakaian dan telepon seluler. Tanpa uang sepeser pun. ”Untuk makan dibantu komunitas driver,” ujarnya saat ditemui seusai pertemuan dengan Jokowi.

Agus menceritakan, perjalanan 23 hari yang dilakukannya tidak selamanya mulus. Sebab, semua dilakukan secara spontan. Sejak awal perjalanan, dia memang tidak mengabari para komunitas driver yang dilewati. Kalaupun ada komunitas driver yang membantu, itu hanya insidental. ”Semua spontan saja,” ucapnya.

Karena itu, di sepanjang perjalanan, pria berambut ikal tersebut tidur di sembarang tempat. Jika ada komunitas sopir yang menerimanya, dia bisa menumpang di rumahnya. Namun, jika tidak, Agus terpaksa meminta izin tidur di tempat umum, misalnya di mapolsek, makoramil, atau pom bensin.

Meski demikian, Agus tetap bersyukur. Sebab, tidak ada rintangan berarti yang menghadangnya. Tuhan pun selalu memberinya kesehatan. ”Alhamdulillah, sandal atau sepatu juga tidak ada yang rusak,” ungkapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar