Kisah Emil dan Liliana, 33 Tahun Keliling Dunia

Kisah Emil dan Liliana, 33 Tahun Keliling Dunia
Emil dan Liliana. Foto: Namirah/Radar Sorong

jpnn.com, SORONG - Pasangan suami istri asal Swiss, Emil dan Liliana Schmid menjadi pusat perhatian warga di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (15/1) kemarin. Pasutri tersebut singgah di Sorong dalam rangka keliling dunia, aktivitas yang sudah mereka geluti selama 33 tahun.

Namirah Hasmir, Radar Sorong

Sebuah mobil Toyota Land Cruiser FJ 60 keluaran tahun 1982 parkir di sebuah hotel di Kota Sorong. Kendaraan roda empat berwarna biru muda bukan memakai nomor plat DS atau PB yang biasa berseliweran di Sorong. Namun ZH 134001.

Mobil tersebut sekaligus rumah buat Emil dan Liliana. Pasutri tersebut merupakan sosok-sosok yang hangat.

Liliana mengatakan, mengelilingi dunia merupakan tujuan hidup mereka, untuk melihat tampat-tempat baru, bertemu orang-orang baru, melihat gaya hidup yang berbeda dan beragam budaya yang ada di masing-masing tempat yang mereka kunjungi, salah satunya Sorong.

Mereka telah menjadi traveler sejak tahun 1984, tepatnya 10 Oktober 1984. Emil dan Liliana memulainya ke Kanada. Selama 33 tahun perjalanannya keliling dunia, tercatat sudah 186 negara di lima benua yang telah dikunjunginya, termasuk Indonesia. “Kami memulai perjalanan sejak tahun 1984,” ucap Liliana.

Di Indonesia, mereka telah mengunjungi Borneo (Kalimantan), Sulawesi, Ternate, Tidore dan Halmahera, sebelum akhirnya menggunakan kapal ke Sorong. Namun, Raja Ampat yang merupakan surga wisata dunia, bukan salah satu tempat yang membawa mereka ke Papua Barat. Meski demikian, mereka mengetahui dari banyak orang tentang Raja Ampat yang begitu indah untuk dikunjungi.

Tetapi mereka tidak menyelam, selain itu harganya yang cukup tinggi, sementara mereka harus mengelola uang yang dimiliki. Di Indonesia, Emil dan Liliana Schmid sudah empat bulan dalam dua kali kunjungan.

Keliling dunia adalah tujuan hidup Emil dan Liliana, sampai-sampai mereka belum punya niat memiliki anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News