JPNN.com

Kisah Falen Maria, Mantan Pemain AC Milan Junior yang Kini Jadi Prajurit TNI

Kamis, 04 Maret 2021 – 07:15 WIB
Kisah Falen Maria, Mantan Pemain AC Milan Junior yang Kini Jadi Prajurit TNI - JPNN.com
Falen Mariar anggota TNI AD. Foto: Dok. Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Perjalanan hidup Falen Mariar sangat menginspirasi. Salah satu prajurit TNI AD asal Manokwari itu ternyata pernah menjadi pemain sepak bola AC Milan Camp Junior pada 2011 sebelum berseragam loreng.

Falen yang kini berusia 24 tahun itu pernah membawa sekolahnya, SMP PG 2 Manokwari sebagai juara I di kejuaraan sepak bola Liga Pendidikan Indonesia (LPI) pada 2005.

Dia lantas mendapat tawaran dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua untuk mengikuti seleksi Danone Cup di Makassar. "Namun saat ikut seleksi Danone Cup saya tidak lolos," ujar Falen dikutip dari tayangan YouTube TNI AD, Rabu (3/3), 

Kegagalan itu tidak membuatnya menyerah. Falen pun terus berlatih dan mengasah kemampuannya di rumput hijau. Setelah itu dia kembali dibawa oleh KONI Papua untuk mengikuti seleksi AC Milan Camp Junior di Bali.

Ketika tiba di Bali, dia harus bersaing dengan 1.500 orang yang ikut seleksi. Sementara, AC Milan Camp Junior hanya mengambil 18 orang terbaik untuk mewakili Indonesia untuk bermain di Italia. Falen pun terpilih menjadi salah satunya.

"Saya ikut AC Milan ni banyak orang bilang ni saya mungkin paling pendek," ujarnya.

Pada pengumuman terakhir, satu malam sebelum pembagian tiket untuk berangkat ke Milan, Falen mendapatkan kabar duka, yaitu ayahnya meninggal dunia di Manokwari, Papua.

Mendapatkan kabar itu Falen sempat terpukul. Di satu sisi dia menginginkan menoreh prestasi di dunia sepak bola, di sisi lain dia telah ditinggal pergi untuk selamanya oleh ayahnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...