Kisah Haru Putra Tidore yang Sukses di Dunia Modeling

Kisah Haru Putra Tidore yang Sukses di Dunia Modeling
Modeling Sofyan 'Cupink Topan' Alop. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - Sofyan 'Cupink Topan' Alop tak pernah menyangka akan menginjakkan kakinya di dunia peran. Sebagai anak daerah, bayangan awalnya ketika merantau ke kota besar hanyalah mendapatkan ijazah untuk bekerja.

Siapa sangka, paksaan temannya untuk mengikuti lomba modelling menjadi pembuka jalan bagi karier Cupink di dunia akting.

Terlahir dengan nama Sofyan Alop, pria berusia 32 tahun ini lebih dikenal dengan nama Cupink Topan di dunia peran. Sepuluh tahun sudah Cupink yang asli Tidore ini bergelut di dunia entertainment Indonesia. Berawal dari teater mahasiswa dan modelling, ia akhirnya memantapkan pilihannya pada seni peran.

“Berakting dan menjadi aktor adalah passion saya,” ungkapnya ketika berkunjung ke Kantor Redaksi Malut Post belum lama ini.

Setelah menamatkan sekolahnya di SMK Tidore jurusan Akuntansi, Cupink melanjutkan pendidikannya di UIN Alauddin Makassar. Niat awalnya mengambil jurusan Ekonomi Islam, ia justru ‘terdampar’ di Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Meski menyukai belajar bahasa asing, pria bersuara merdu ini mengaku kewalahan ketika hendak menginjak semester V.

“Saya bisa mengukur kemampuan saya sendiri. Semester V, tiap kali presentasi kita harus menggunakan bahasa Arab. Jujur, saya kewalahan. Akhirnya saya berniat pindah fakultas,” kisahnya seraya tertawa.

Sayang, proses pengurusan pindah fakultas yang ribet dan memakan waktu membuatnya memutuskan untuk berhenti kuliah pada 2006. Meski begitu, pengalamannya bermain teater kala masih berstatus mahasiswa menjadi pelajaran yang berharga baginya. Pentas teater berjudul Kertas Kosong yang digagas oleh Himpunan Pelajar Indonesia Nuku Makassar (HIPMIN) itu menjadi awal perkenalannya dengan dunia peran.

”Di sanalah saya pertama belajar teknik olah pernapasan, olah vokal, intonasi, aksi, reaksi, improvisasi, juga artikulasi,” tutur putra pasangan Alop Hi. Musa dan Ramla Bakar itu.(malut post/fri/jpnn)


Sofyan 'Cupink Topan' Alop tak pernah menyangka akan menginjakkan kakinya di dunia peran. Sebagai anak daerah, bayangan awalnya ketika merantau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News