Kisah Raden Mas Alit akan Warnai Festival Gandrung Sewu 2018

Kisah Raden Mas Alit akan Warnai Festival Gandrung Sewu 2018
Festival Gandrung Sewu 2017. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Festival Gandrung Sewu yang akan digelar di Banyuwangi Sabtu (20/10) nanti adalah perhelatan untuk kedelapan kalinya. Selama tujuh kali digelar sejak 2011, festival yang menampilkan seribu penari gandrung itu mampu menggerakkan ekonomi lokal serta menjadi media untuk mempelajari sejarah kepahlawanan melawan penjajahan.

“Alhamdulillah, selama ini Festival Gandrung Sewu telah disambut antusias oleh wisatawan. Dan ini berdampak positif ke ekonomi lokal, ada ribuan warga yang menerima berkah ekonominya, mulai warung, jasa transportasi, restoran, homestay, hotel, sampai UMKM produsen oleh-oleh,” ujar Kepala Dinas Pariwisata MY Bramuda.

Dia menjelaskan, kedatangan ribuan wisatawan dalam dan luar negeri secara langsung ikut menambah pendapatan warga Banyuwangi. “Semoga ini bisa terus meningkat dan ikut menciptakan peluang ekonomi bagi warga,” ujarnya.

Tari Gandrung sendiri adalah tarian khas daerah yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Bukan Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di masa kolonialisme, Tari Gandrung adalah bagian tak terpisahkan dari taktik untuk melawan penjajahan.

Kisah Raden Mas Alit akan Warnai Festival Gandrung Sewu 2018

Bramuda menjelaskan, tahun ini, pergelaran Gandrung Sewu mengangkat tema “Layar Kumendung”. Penonton tidak hanya akan menyaksikan kemegahan tarian, tapi juga fragmen drama kepahlawanan yang menyertainya. Pertunjukan ini melibatkan sebanyak 1173 penari, 64 penampil fragmen, dan 65 pemusik.

“Di pertunjukkan ini koreografi tarian akan diselingi dengan fragmen drama Layar Kumendung dengan perbandingan 70 persen tarian dan 30 persen fragmen. Dijamin pertunjukan Gandrung Sewu akan semakin menarik,” ujar Bramuda.

Tema Layar Kumendung merupakan salah satu judul tembang yang menjadi pengiring pada tari Gandrung. Tema ini masih berkaitan dengan tema di tahun-tahun sebelumnya yang juga mengangkat gending-gending pengiring gandrung seperti Podo Nonton, Seblang Lukinto, dan Kembang Pepe.

Festival Gandrung Sewu di Banyuwangi 20 Oktober nanti akan disertai pertunjukan yang melibatkan 1173 penari, 64 penampil fragmen dan 65 pemusik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News