Kisah Setnov, Jualan Semen, Bantu Cuci Mobil Hayono Isman

Kisah Setnov, Jualan Semen, Bantu Cuci Mobil Hayono Isman
Setya Novanto. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - Setya Novanto sukses berbisnis. Dekat dengan Hayono Isman, suami Deisti Astriani Tagor itu mulai menerjuni dunia politik. Partai Golkar menjadi pilihannya untuk berkiprah.

DILIANTO, JAKARTA

Hayono Isman, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga di Kabinet Soeharto adalah teman sekolah Setya Novanto di SMA IX Bulungan, Jakarta Selatan. Kini, sekolah itu sudah berubah nama menjadi SMA 70.

Lulus pada 1973, Hayono kembali bertemu dengan Novanto pada 1978. Kali ini, di Surabaya. Di Kota Pahlawan inilah, keduanya bekerja di PT Aninda Cipta Perdana.

Hingga kemudian Novanto mampu menunjukkan kinerjanya sebagai penyalur semen dan bahan bangunan di perusahaan itu untuk wilayah Nusa Tengarra Timur (NTT).

Perkawanan dan keberhasilannya dalam berbinis membuat Hayono percaya kepada Novanto dan mengajaknya bergabung dengan salah satu ormas pendiri Partai Golkar, Kesatuan Organisasi Serbaguna gotong Royong (Kosgoro) besutan ayahnya Hayono, Mas Isman.

Mas Isman adalah tokoh militer yang dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi pada 2015.

"Setelah bertemu dan berbisnis Setya Novanto untuk berjualan semen, saya pun mengajaknya bergabung ke Kosgoro," ucap Hayono mengawali cerita perjalanan politik Setya Novanto kepada INDOPOS (Jawa Pos Group).

Di kepengurusan ormas inilah, Setya Novanto dan Hayono Isman memperluas jaringan dengan elite Partai Golkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News