Kita Orang Harus Bekerja Bae Walau Cuaca Tidak Kasih Bae

Kita Orang Harus Bekerja Bae Walau Cuaca Tidak Kasih Bae
Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Maluku Haris Sukamto (tengah) saat meninjau tahanan di Cabang Rumah Tahanan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (29/7). Foto: Kemenkumham

jpnn.com, AMBON - Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Maluku Haris Sukamto punya pengalaman menarik selama berdinas di provinsi kepulauan itu. Yakni tentang pengalamannya ketika harus menghadapi kondisi alam dan gelombang laut demi melakukan kunjungan kerja ke lapangan.

Salah satu pengalaman yang tak terlupakan bagi Haris adalah saat meninjau langsung kondisi Cabang Rumah Tahanan  (Rutan) Saparua di Kabupaten Maluku Tengah pada 29 Juli lalu. Dalam perjalanan menuju Saparua, kapal yang ditumpangi Haris menghadapi kondisi alam yang kurang bersahabat.

Angin berembus begitu kencang. Kapal pun harus berjibaku melawan gelombang lautan yang datang bergulung-gulung. Alhasil, kapal yang ditumpangi Hari bergoyang tak keruan di tengah lautan.

“Saya menempuh perjalanan selama dua jam saya ke salah satu UPT (Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatanm red),” tuturnya berkisah, Senin (7/8).

Kita Orang Harus Bekerja Bae Walau Cuaca Tidak Kasih Bae

Haris menuturkan, alam memang sering kali tak bersahabat. Namun, dia tetap harus menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

Menurut Haris, dia tetap harus menjalankan tugas pengawasan dan pembinaan terhadap UPT di mana pun berada.  Hal itu juga berlaku untuk Cabang Rutan Saparua di Maluku Tengah.

Haris menjelaskan, selain meninjau langsung kondisi bangunan Cabang Rutan di Saparua, dia juga melihat langsung proses pelaksanaan tertib administrasi perkantoran yang ada di sana. “Sekaligus melakukan tatap muka dengan para pegawai maupun dengan para penghuni Cabang Rutan Saparua,” ungkapnya.  

Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Maluku Haris Sukamto punya pengalaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News