Klasemen Sementara Rio 2016: Jepang Luar Biasa, Indonesia Kian Tergeser

Klasemen Sementara Rio 2016: Jepang Luar Biasa, Indonesia Kian Tergeser
Pesenam Jepang, Kohei Uchimura, menyumbang medali emas dari nomor mens' individual all-around. Foto: AFP

jpnn.com - RIO DE JANEIRO - Kontingen Amerika Serikat masih memimpin klasemen sementara, hingga hari ketujuh penyelenggaraan Rio 2016.

Tambahan lima medali emas, membuat Negeri Paman Sam kini mengoleksi 16 emas, plus 12 keping perak dan sepuluh perunggu. China masih setia berada di bawahnya, dengan sebelas emas, delapan perak dan sebelas perunggu.

Yang luar biasa adalah Kontingen Jepang. Negeri Matahari Terbit itu semakin stabil berada di posisi ketiga.

Negara yang akan menjadi tuan rumah olimpiade empat tahun mendatang (Tokyo 2020) itu, kini sudah mengoleksi tujuh medali emas, dua perak dan 13 perunggu.

Koleksi medali emas Jepang saat ini, sudah sama dengan perolehan akhir medali emas mereka pada Olimpiade London 2012. Saat itu, Jepang mengakhiri event berada di posisi kesebelas, dengan tujuh emas, 14 perak dan 17 perunggu.

Kini, Jepang sudah membuktikan mereka sudah pantas disegani. Setidaknya buat negara selain AS dan China (dua adidaya olimpiade), seperti Rusia, Korea Selatan, Inggris Raya atau Australia yang kini berada di bawah mereka.  

Sementara itu, Indonesia masih menunggu tambahan medali dari cabang bulu tangkis, yang baru dimulai Kamis (11/8) kemarin. Sejumlah andalan seperti ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, kemarin masih mulus melewati lawan-lawannya di kualifikasi grup.

Di papan klasemen, Indonesia semakin tergeser. Kemarin di peringkat ke-31, hari ini di tempat ke-39, masih dengan dua perak. (adk/jpnn)

RIO DE JANEIRO - Kontingen Amerika Serikat masih memimpin klasemen sementara, hingga hari ketujuh penyelenggaraan Rio 2016. Tambahan lima medali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News