JPNN.com

KLHK Akui Manfaat Car Free Day Bagi Kualitas Udara Jakarta

Jumat, 05 Juli 2019 – 22:24 WIB KLHK Akui Manfaat Car Free Day Bagi Kualitas Udara Jakarta - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kesehatan udara di Jakarta belakangan menjadi sorotan. Apalagi setelah ada pihak yang menggugat dan menuntut udara yang bersih di Jakarta.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Karliansyah, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan udara di Jakarta. Salah satunya dengan kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah.

Salah satunya adalah hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) yang sejak 2012 rutin digelar setiap hari Minggu. Karliansyah mengatakan, setiap CFD digelar, kualitas kesehatan udara di Jakarta bakal meningkat dibanding hari kerja.

“Pada Sabtu dan Minggu kualitas udara membagus, bisa disimpulkan ternyata kendaraan bermotor punya kontribusi besar terhadap polusi udara," ujar Karliansyah di KLHK, Jakarta, Jumat (5/7).

BACA JUGA: Kebersihan Udara Jakarta Digugat, Begini Respons KLHK

Selain CFD, pemerintah daerah juga harus melakulan inovasi kebijakan lainnya agar udara di Jakarta semakin membaik seperti penerapan ganjil genap kendaraan.

Pemerintah juga bisa meningkatkan sarana transportasi massal dan fasilitas pendukungnya. Dengan begitu, penggunaan kendaraan pribadi bisa ditekan dan polusi berkurang.

Diketahui, berdasar pasa data KLHK, kualitas udara di Ibu Kota memang masih tergolong bagus bila mengacu kepada baku mutu udara ambien nasional, yaitu 65 mikrogram per nanometer kubik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...