KLHK Dukung Langkah Danone - Aqua Kembangkan Smart Drop Box

KLHK Dukung Langkah Danone - Aqua Kembangkan Smart Drop Box
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendukung langkah Danone-Aqua, Alfamart, Telkomsel, dan Smash meluncurkan smart drop box (SDB). Foto: Ist for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendukung langkah Danone - Aqua, Alfamart, Telkomsel, dan Smash meluncurkan smart drop box (SDB).

SDB merupakan tempat sampah pintar yang dilengkapi sistem pemindai barcode botol plastik dan terhubung dengan mySmash.

MySmash adalah aplikasi yang membantu pengguna SDB untuk mencatatkan sampah botol yang dikumpulkan dan mendapatkan imbalan poin yang dapat digunakan sebagai pembayaran online.

Danone-Aqua, Alfamart, Telkomsel dan Smash berkolaborasi membangun model pengelolaan sampah botol plastik PET yang terintegrasi dengan melibatkan peran aktif konsumen dalam proses awal daur ulang.

Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Novrizal Tahar mengatakan, pihaknya terus mendorong upaya pengurangan sampah yang dilakukan oleh produsen.

Pihaknya juga memberikan apresiasi untuk kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai pihak dengan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah prosesnya.

"Bagian yang terpenting adalah menjaga konsistensi dari kolaborasi upaya pengurangan sampah ini sehingga dapat mencapai hasil yang signifikan dan terjamin keberlanjutannya," kata Novrizal pada acara car free day di Jakarta, Minggu (13/5).

Dia menambahkan, pengembangan SDB merupakan best practice yang patut direplikasi oleh perusahaan-perusahaan lainnya untuk bekerja sama lintas sektor.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendukung langkah Danone-Aqua, Alfamart, Telkomsel, dan Smash meluncurkan smart drop box (SDB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News