KLHK Luncurkan Mobil Laboratorium Keliling untuk Merespons Ancaman Pencemaran

KLHK Luncurkan Mobil Laboratorium Keliling untuk Merespons Ancaman Pencemaran
Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK Agus Justianto meluncurkan mobil laboratorium keliling untuk bisa merespons cepat ancaman pencemaran lingkungan di Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (23/12). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) resmi meluncurkan mobil laboratorium keliling untuk bisa merespons cepat ancaman pencemaran lingkungan.

Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK Agus Justianto mengatakan peluncuran ini tak hanya dilakukan di Jakarta, tetapi hampir di beberapa wilayah Indonesia.

“Ini terobosan KLHK untuk memberikan respons secara cepat terhadap kejadian ancaman pencemaran lingkungan yang dapat terjadi sewaktu-waktu," ujar dia di Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (23/12).

Menurut dia, mobil laboratorium ini akan dioperasikan dan dilengkapi peralatan pengambilan sampel serta pengujian parameter lingkungan di wilayah Banten, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan Timur.

Agus menjelaskan peluncuran mobil laboratorium didasari oleh makin banyaknya aktivitas manusia yang menghasilkan limbah yang bisa menimbulkan bahaya bagi manusia dan ekosistem.

"Masalah pencemaran lingkungan tidak dapat diabaikan begitu saja, melainkan perlu diperhatikan secara profesional agar dapat mempertahankan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup,” katanya.

Selain itu, mobil laboratorium ini juga akan mendukung pelaksanaan kegiatan pemantauan, pengawasan, dan penanganan pengaduan kasus pencemaran lingkungan sebagai bagian dari sistem peringatan dini bencana lingkungan.

“Kami harap pemerintah daerah di lima wilayah operasi mobil laboratorium dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mempercepat respons terhadap kejadian pencemaran lingkungan,” tandas dia.(cuy/jpnn)

KLHK meluncurkan mobil laboratorium keliling untuk bisa merespons cepat ancaman pencemaran lingkungan.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News