KLHK Beri Penghargaan kepada Para Teladan Wana Lestari 2019

KLHK Beri Penghargaan kepada Para Teladan Wana Lestari 2019
Sekjen KLHK Bambang Hendroyono memberikan piagam penghargaan kepada penerima apresiasi Wana Lestari Tahun 2019. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 45 orang pemenang lomba dan penerima apresiasi Wana Lestari Tahun 2019 menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di Arboretum Lukito Daryadi, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (16/8).

Pada kesempatan itu, Bambang memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan yang merupakan para teladan-teladan terbaik dari seluruh Indonesia, yang telah berjuang memberikan yang terbaik pada pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di tingkat tapak.

“Terpilihnya saudara membuktikan kepada kami semua bahwa peran saudara-saudara sebagai Penyuluh Kehutanan PNS, Kelompok Tani Hutan, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Kader Konservasi Alam, Kelompok Pecinta Alam, Pemegang Izin Usaha Hutan Kemasyarakatan, Pengelola Hutan Desa, Polisi Kehutanan, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan Pengelola Hutan Adat telah berhasil dan memberikan dampak yang membanggakan dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan,” ucap Bambang.

Bambang pun menjelaskan, apresiasi dari pemerintah ini disertai harapan agar para teladan dan penerima penghargaan Wana Lestari Tahun 2019 mampu menjadi suri tauladan dan penggerak masyarakat agar lebih berdaya untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Kemudian terus bekerja keras memperluas dan meningkatkan kualitas karya nyata untuk menggapai keberhasilan yang lebih tinggi dan mulia. Lalu membangun jejaring dan berkolaborasi serta bersinergi dalam mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di tingkat tapak.

Peran para penyuluh kehutanan baik Penyuluh Kehutanan PNS maupun Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) disebutkan sangat berdampak di tingkat tapak, yaitu masyarakat sekitar hutan. Pendampingan dari para penyuluh menjadi salah satu kunci keberhasilan program perhutanan sosial setelah pemberian akses legal terhadap lahan atau sumber daya alam/hutan kepada masyarakat.

"Pendampingan yang merupakan kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara terus menerus, memiliki peran penting dalam menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas/mumpuni sehingga mampu menjadi pelaku pembangunan yang produktif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” sambung Bambang

Sementara itu kepada Kader Konservasi, Kelompok Pecinta Alam, Manggala Agni dan Masyarakat Pecinta Api, Bambang meminta dapat terus membantu KLHK untuk menjaga ekosistem, daya dukung lingkungan dan keberlanjutan, pengendalian pencemaran, sampah dan limbah; pengelolaan DAS, menjaga dan memelihara keanekaragaman hayati serta pengendalian perubahan iklim yang merupakan salah satu koridor peran utama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Pembangunan Tahun 2015-2019.

Sekjen KLHK Bambang Hendroyono menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba dan penerima apresiasi Wana Lestari Tahun 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News