JPNN.com

KLHK Pastikan Indonesia Serius Dukung Program REDD+

Kamis, 11 Februari 2021 – 23:00 WIB
KLHK Pastikan Indonesia Serius Dukung Program REDD+ - JPNN.com
Wamen LHK Alue Dohong. Foto: Dok Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong memastikan Indonesia serius dalam program REDD+ (Reducing Emissions from Deforestation and forest degradation in developing countries) atau pencegahan emisi dari deforestasi dan degradasi di negara berkembang.

Menurut Alue, REDD+ merupakan program kesepakatan global untuk menangani emisi karbon akibat kerusakan hutan yang terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Program REDD+ bertujuan memberi apresiasi kepada negara-negara berkembang yang telah melalui mekanisme penanganan deforestasi dan menuai hasil positif dari upaya pencegahan ini.

Di Indonesia sendiri, program REDD+ dikoordinir KLHK bekerja sama dengan kementerian keuangan dalam pengelolaan pendanaan.

Alue menerangkan, Indonesia serius untuk terlibat aktif dalam penanganan emisi akibat deforestasi dan degradasi lingkungan selama beberapa tahun terakhir.

“Indonesia telah berkomitmen dalam REDD untuk mengurangi emisi yang dihasilkan oleh deforestasi. Bukti komitmen Indonesia itu adalah dengan disetujuinya pembayaran dalam mengurangi emisi yang disebut services velue,” ujar Alue dalam media briefing Progress Terkini Result Based Payment REDD+, Kamis (11/2).

Alue menambahkan, adanya tren positif yang diraih Indonesia selama kurun beberapa tahun terakhir sehingga mendapatkan bantuan pendanaan dari negara-negara Eropa, termasuk Norwegia.

“Untuk tahap pertama telah dilakukan assesment oleh badan internasional untuk memverifikasi laporan Indonesia. Pada tahun 2016-2017, Indonesia telah berhasil mengurangi 11,23 persen emisi dengan nilai 56 juta dolar Amerika,” tambahnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...