KLHK Perkuat Sarana Pengendalian Karhutla di Daerah

KLHK Perkuat Sarana Pengendalian Karhutla di Daerah
Pemberian bantu sarana dan prasarana di daerah. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, PONTIANAK - Sebanyak 80 unit kendaraan bermotor roda dua, 120 unit pompa punggung dan 30 unit perangkat tablet diserahkan KLHK kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang dilaksanakan di Halaman Kantor BPBD Kalbar (15/11).

Penyerahan ini merupakan wujud peran pemerintah pusat dalam hal ini KLHK dalam upaya pengendalian karhutla di Indonesia. 

Mewakili Menteri LHK, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyerahkan secara langsung sarana prasarana tersebut.

Asisten I Sekda Provinsi Kalbar, Alexander Rombonang menreima sarana dan prasaran tersebut yang disaksikan juga oleh beberapa stakeholder bidang pengendalian karhutla di Provinsi Kalbar. 

Arahan Menteri LHK, yang disampaikan oleh Raffles menyebutkan bahwa keberhasilan Indonesia dalam penanganan karhutla selama ini, tidak hanya menjadi prestasi nasional saja, tetapi juga regional ASEAN, bahkan internasional. 

“Keberhasilan tersebut dapat dicapai berkat kerjasama semua stakeholder, baik pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, LSM, para pemangku kawasan, perusahaan/pemegang ijin bidang kehutanan/perkebunan , dan tak kalah penting juga berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa,” imbuh Raffles. 

Rafles menerangkan, sarana prasarana seperti alat transportasi dan alat komunikasi sangat penting untuk meningkatkan jangkauan kerja yang seluas-luasnya dan memberikan laporan lapangan yang cepat.

Pengadaan sarana prasarana ini menjadi prioritas KLHK untuk diberikan kepada pemerintah dalam mendukung keberhasilan upaya pengendalian karhutla di Indonesia. 

KLHK juga terus melakukan upaya peningkatan kapasitas masyarakat dan petugas cegah karhutla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News