KLHK Siapkan Kawinkan Rocky yang Beranjak Dewasa

KLHK Siapkan Kawinkan Rocky yang Beranjak Dewasa
Anoa yang baru lahir di Manado. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, MANADO - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terus melakukan berbagai upaya untuk mendukung pelestarian Anoa (Buballus sp.).

Salah satunya melalui peningkatan populasi satwa endemik Sulawesi ini yang dilakukan di Anoa Breeding Centre (ABC) Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado.

“Pelestarian satwa langka, apalagi anoa yang bersifat endemik, adalah tanggung jawab semua pihak. Kami dari Badan Litbang dan Inovasi, mencoba berkontribusi menambah populasi anoa secara exsitu, melalui ilmu pengetahuan dan teknologi di Anoa Breeding Center. Untuk proses pelepasliarannya, tentunya butuh kolaborasi dan penanganan teknis oleh direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati,” jelas Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi, KLHK Sylvana Ratina.

Saat ini, dari 10 ekor anoa di ABC Manado, enam ekor di antaranya, yaitu dua jantan dan empat betina, telah masuk kategori dewasa kelamin, dan siap untuk dikawinkan salah satunya yaitu Rocky.

Perkembangan biologis Rocky ini, diharapkan bisa berperan meningkatkan populasi anoa di ABC Manado, di mana peran tersebut saat ini masih bergantung pada Rambo, anoa pejantan dewasa pertama di sana.

Peneliti sekaligus Manager ABC Manado Rahma Suryaningsih, menyampaikan bahwa saat ini Tim ABC Manado tengah melakukan penanganan satwa pada Rocky.

Metode pembiusan diterapkan untuk mengurangi pergerakan saat dilakukan beberapa tindakan yang membutuhkan waktu yang lama.

“Hal ini juga dilakukan untuk menghindari resiko terluka, baik pada anoa itu sendiri, maupun Tim ABC Manado yang menanganinya,” kata Rahma.

Saat ini Tim ABC Manado tengah melakukan penanganan maksimal pada Rocky yang akan dikawinkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News