KLHK Siapkan Lahan di Kawasan Mentawir, Sebegini Luasnya

KLHK Siapkan Lahan di Kawasan Mentawir, Sebegini Luasnya
Menteri LHK Siti Nurbaya seusai melakukan Kick Off Pembangunan Persemian Mentawir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (18/5). Foto: dok KLHK

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyiapakan lahan seluas 120 hektar di kawasan Hutan Produksi di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Lahan tersebut dikatakan sebagai lokasi pembangunan Persemaian Mentawir.

Sarana utama persemaian seluas 32,5 ha akan dibangun untuk memproduksi bibit lebih kurang 15 juta batang per tahun.

"Pemerintah dalam pembangunan persemaian ini adalah pemulihan lingkungan berlangsung beriringan dengan pembangunan infrastruktur IKN," ujar Menteri LHK Siti Nurbaya seusai melakukan Kick Off Pembangunan Persemian Mentawir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (18/5).

Dia menambahkan jika refleksi itu menjadi instruksi Presiden Jokowi, agar pembangunan IKN betul betul merefleksikan cara-cara pembangunan yang ideal, harus low carbon, bahkan dari sisi kehutanan itu 75% tutupan lahannya harus hijau.

Sebab, konsepnya forest city.

"Saat ini tutupan hutanya hanya 42% dan kita harus mengimprove tutupan hutan di IKN hingga 75%," kata Menteri Siti.

Dia juga mengapresiasi kontribusi badan usaha dalam pembangunan Persemaian Mentawir dengan konsep Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)/Public Private Partnership.

KLHK menyiapakan lahan di kawasan Hutan Produksi di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sebegini luasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News